Tutorial Instalasi Windows 8 Dengan CD/Flashdisk

Instalasi Windows 8 – Windows 8 adalah nama dari salah satu versi Microsoft Windows, yang mana kita tahu bahwa ada versi sebelumnya yaitu Windows 7, Windows Vista, Windows XP dan seterusnya. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD.

Pada 26 Oktober 2012, Microsoft secara resmi merilis Windows 8. Kemudian pada 26 Juni 2013, Microsoft merilis versi Uji Coba dari Windows 8.1, sebuah peningkatan untuk Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP. Dan pada 18 Oktober 2013, Microsoft merilis Windows 8.1 sebagai pembaruan gratis untuk Windows 8.

Instalasi Windows 8

Pada artikel kali ini kita tidak akan membahas lebih jauh tentang sejarah/terciptanya Windows 8 melainkan kita akan belajar cara menginstalnya. Baiklah tanpa berlama-lama kita simak tutorial berikut ini:

Cara Instalasi Windows 8 : (Spesifikasi Minimum PC/ Laptop yang digunakan)

  1. Kapasitas harddisk kosong 20GB
    Partisi kosong pada drive komputer kalian minimal harus 20 GB. Jika kurang dari ini, Windows 8 tidak dapat terinstal dengan baik. Lebih baik partisi yang kosong lebih banyak agar kerja Windows 8 tidak lemot.
  2. RAM minimal 1GB
    Komputer kalian minimal harus mempunyai kapasitas RAM 1 GB. Komputer yang hanya mempunyai RAM 512 MB saja tidak akan kuat untuk menginstall Windows 8. RAM 1 GB juga terkadang masih lemot, sehingga sebaiknya pasang RAM sebesar 2 GB untuk versi 32-bit dan 4 GB untuk 64-bit.
  3. Resolusi minimal 1366×768 pixels
    Untuk mendukung interface windows 8 pada komputer kalian, minimal resolusi monitor kalian 1366 x 768 pixels.
  4. Mendukung Directx 9
    Syarat yang terakhir agar komputer bisa terinstall window 8 dengan baik yaitu mempunyai kartu grafis yang sudah mendukung Directx 9.

Cara Instalasi Windows 8 : (Memulai Proses Instalasi)

  • Siapkan CD/Flasdisk yang berisi instaler Windows 8 (saya anggap yang memakai flasdisk sudah bisa cara mengisi installernya).
  • Masuk ke Bios dengan menekan tombol DEL, F1, F2, atau Fn+F2, tergantung manufacturer laptop/ motherboard kalian.
  • Tempatkan Driver yang berisi file installer pada posisi paling atas supaya booting akan berjalan pada Drive tersebut (dalam hal ini yiptechid menggunakakn CD, akan tetapi jika kalian ingin menggunakan flashdisk bootable yang dibuat dengan menggunakan rufus, kalian bisa ikuti cara membuat bootable flashdisk menggunakan rufus)
  • Save Setting >> dan kemudian Restart
  • Setelah restart dan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, silakan tekan sembarang tombol agar PC atau laptop booting dari CD/ DVD.
  • Pilih Indonesian (Indonesia) pada Time and currency format. Untuk yang lainnya biarkan saja default, tidak usah kalian ubah. Setelah itu pilih Next.
  • Akan muncul tampilan seperti yang terdapat pada gambar berikut ini. Silakan pilih Install now.
  • Langkah selanjutnya yaitu memasukkan product key windows 8 nya, yang biasanya terdapat dalam satu paket sama DVD nya. Kemudian pilih Next.
  • Jangan lupa centang I accept the licence terms, kemudian pilih Next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Tahap Partisi (Harap Teliti!) – Pada langkah ini, pilih Custom: Install Windows only (advanced)
  • Bagi kalian yang ingin melakukan install ulang, yang mana komputer/ laptop kalian pernah terinstall sistem operasi windows sebelumnya dan ingin agar data pada partisi lain tidak hilang, cukup delete Drive 0 Partition 2 (partisi C:) dan Drive 0 Partition 1 : System Reserved, kemudian buat partisi baru lagi. Setelah itu pilih Drive 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasinya, kemudian pilih Next.
  • Gambar tersebut adalah pembagian partisi yang sudah ada instalasi windows sebelumnya, jadi kita tinggal menimpa file instalasi baru ke drive C: yang lama. Jika kalian memiliki drive yang masih kosong, silahkan bagi partisi terlebih dahulu sesuai keinginan kalian.
  • Jika Sudah klik >> Next
  • Pada step tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 15 menitan dan komputer/ laptop kalian akan restart beberapa kali selama proses berlangsung. Jadi jangan kuatir karena hal tersebut sebagian dari tahapan instalasi.

Baca juga : Panduan Cara Installasi Windows 10

Cara Instalasi Windows 8 : (Setting Desktop)

  • Selanjutnya beri nama pada PC kalian, kemudian pilih Next. Dalam tahap berikut ini, kalian juga dapat mengatur warna tema sesuai selera kalian.
  • Selanjutnya pilih Use express setting
  • Setelah itu pilih Create a local account
  • Masukkan nama pengguna sekaligus passwordnya bila perlu. Tanpa password pun tidak masalah, tapi jika kalian ingin agar tidak sembarangan orang dapat mengakses komputer/ laptop kalian, sangat kami sarankan untuk memberinya password.
  • Tunggu beberapa menit, setelah itu kalian akan menuju ke desktop kalian.
  • Selesai! kalian sudah berhasil menginstall windows 8. Berikut tampilan Desktop dan Start Menu pada windows 8.

Itulah Cara Installasi Windows 8, bagi kalian yang ingin menginstallnya ikuti langkah-langkahnya dengan baik yak. Semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *