Sejarah Penemuan GPS yaitu Teknologi Navigasi Berbasis Satelit

Seperti yang kita ketahui, Global Global Positioning System (GPS) adalah teknologi berupa navigasi yang selama ini memudahkan kita saat berkendara. Pada awal perkembangannya teknologi GPS digunakan oleh militer sebagai navigasi untuk kendaraan mereka, baik itu darat maupun udara. Sementara kala itu penggunaan GPS bagi warga sipil sangat terbatas.

Seiring berjalannya waktu, teknlogi GPS dapat kita rasakan dengan catatan memiliki smarphone dan jaringan internet. Sebagai contoh ojek online pada jaman sekarang ini yang mana driver maupun customer sering menggunakan GPS untuk navigasi perjalanan mereka. Meski teknologi GPS sudah sangat familiar pada jaman sekarang, tapi tidak banyak orang yang tahu bagaimana sejarah dari teknologi ini.

Sejarah Penemuan GPS

Teknologi GPS ini berawal dari penemuan oleh para ilmuwan Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat. Pada tahun 1957, ilmuwan MIT telah menemukan frekuensi sinyal radio satelit Sputnik Rusia yang naik turun saat mendekat dan menjauh. Yana mana efek ini sama seperti kita mendengar suara klakson yang berubah seiring mobil melaju.

Penemuan tersebut menghasilkan sebuah gagasan besar. Satelit yang berada pada luar angkasa dapat terlacak dari darat dengan mengukur frekuensi sinyal radio yang mereka pancarkan. Sebaliknya lokasi penerimaan yang ada di darat dapat di lacak berdasarkan jarak dari satelit. Dari situlah muncul ide untuk menciptakan sistem navigasi berbasis sinyal satelit yang kita sebut dengan GPS.

Sistem navigasi GPS ini pertama kali tercipta yaitu rancangan dari Departemen Pertahanan Militer Amerika Serikat pada tahun 1970. Sebelum GPS tercipta, militer Amerika sudah memiliki beberapa jenis sistem navigasi, antara lain LORAN (Long Range Radio Navigation), VOR (VHF Omni-directional Radio) dan OMEGA. Tetapi keakuratan sistem navigasi tersebut masih terlalu lemah dan tidak mampu menjangkau skala global. Oleh karena itu, penemuan GPS ini adalah terobosan baru dan sangat mutakhir dalam sistem navigasi militer.

Pada tahun 1974, Amerika untuk pertama kalinya meluncurkan satelit GPS, dan di susul oleh beberapa satelit di tahun-tahun berikutnya. Semua satelit yang telah mereka luncurkan ke angkasa membentuk konstelasi yang dapat menjangkau segala penjuru. Barulah pada tahun 1994, para ilmuwan mengumumkan sistem GPS telah dapat beroperasi sepenuhnya.

Dari penemuan teknologi GPS tersebut ada orang yang sangat berpengaruh yaitu Ivan Getting, salah satu ilmuwan MIT. Ivan memiliki konsep dan gagasan besar tentang pemanfaatan sinyal radio yang dipancarkan satelit Sputnik. Alhasil saat dia mengusulkan rancangan sistem GPS, pemerintah Amerika bersedia menggelontorkan dana yang besar untuk mewujudkan teknologi tersebut.

Di bawah arahan Dr. Getting pula, insinyur dan ilmuwan Aerospace mempelajari penggunaan satelit sebagai dasar sistem navigasi untuk kendaraan yang bergerak cepat dalam gambaran tiga dimensi, yang pada akhirnya mengembangkan konsep yang penting bagi teknologi GPS.

Untuk pertama kalinya pada tahun 1999, teknologi GPS mulai diterapkan ke dalam ponsel yang mana perusahaan Benefon menjadi yang pertama meloporinya dan ponsel tersebut mendapat julukan sebagai Benefon Esc.

Nah itulah sejarah teknologi GPS yang tidak banyak orang mengetahuinya, terlebih bagi orang jaman sekarang yang telah menikmati teknologi GPS untuk keperluan navigasi berkendara mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *