Review Samsung Galaxy M62, Kelebihan dan Kekurangannya!

Beberapa hari yang lalu Samsung secara resmi memperkenalkan seri Galaxy M terbarunya yakni Samsung Galaxy M62. Seri yang diciptakan sebagai penerus dari Galaxy M51 telah mencengangkan kita akan kapasitas Battery nya sebesar 7000 mAh.

Samsung seri ini menyasar pasar segmen menengah atau mid range, kendati demikian banyak keunggulan dari samsung seri ini. Selain keungulan yang terdapat dari samsung seri ini tentunya ada juga kekurangan yang dianggap oleh sebagian orang.

Untuk itu perlu Yiptechid bahas keunggulan dan kekurangan yang terdapat pada Samsung Galaxy M62 ini. Tapi sebelum itu Anda perlu tahu terlebih dahulu spesifikasi yang dimiliki samsung Galaxy M62 tersebut.

Spesifikasi Samsung Galaxy M62

  • Rilis: Juni 2021 (Indonesia)
  • Layar: Super AMOLED 6.7 inci, Full HD+
  • Chipset: Exynos 9825 (7 nm)
  • GPU: Mali-G76 MP12
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 256 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC sampai 1 TB (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 64 MP + 12 MP+ 5 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Li-Po 7000 mAh, tidak dapat dilepas

Setelah Anda mengetahui Spesifikasi singkat dari Samsung Galaxy M62 tersebut, selanjutnya akan Yiptechid bahas kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Samsung Galaxy M62

Kelebihan Samsung Galaxy M62

1. Desain Yang Elegan

Dimensi dari Samsung Galaxy M62 ini sama persis dengan pendahulunya yaitu Samsung Galaxy M51 sebesar 163,9 x 76,3 x 9,5 mm. Namun perbedaan ada pada beratnya, yang mana Galaxy M62 memiliki berat 5 gram lebih berat dari Galaxy M51 yang sebesar 213 gram.

Pada bagiain penutup belakangnya, Samsung memberikan sentuhan garis-garis lurus membujur pada tiga varian warna yakni hijau biru dan hitam. Bagian ini terbuat dari plastik glossy seakan nampak seperti kaca yang elegan. Empat kamera yang terpasang membentuk persegi menambah kesan elegannya seakan seperti model dari Iphone.

Pada sisi samping terdapat tombol volume dan tombol power yang menyatu dengan pemindai sidik jari. Dan pada bagian layar dengan ukuran 6.7 inchi berbalut super amoled yang mana bazel pada samping layar sangat tipis membuat kenyamanan akan lebar layarnya yang luas. Sedangkan untuk jenis post USB Samsung ini sudah berjenis Type C.

2. Hasil foto Sangat Bagus

Untuk kalangan mid range Samsung Galaxy M62 ini memiliki hasil jepretan yang sangat bagus. Berbekal dari Sensor 64 MP, f/1.8 ini dipasang di lensa utama kamera belakangnya. Ia ditemani oleh lensa ultrawide 12 MP, f/2.2; lensa makro 5 MP, f/2.4; serta lensa kedalaman 5 MP f/2.4.

Algoritma software kameranya pun semakin pandai menentukan objek utama dengan background dalam modus portrait. Selanjutnya, satu kamera depan 32 MP f/2.2 mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Hasil jepretannya cukup detail dan mampu menampilkan warna kulit secara natural.

3. Pengisian Battery Sangat Cepat

Kebanyakan Smartphone yang bermunculan sekarang ini memang mempunyai fitur Fast Charging, tak terkecuali dengan Samsung Galaxy M62 ini. Dengan kapasitas Battery sebesar 7000 mAh memang sudah seharusnya memiliki fitur Fast Charging.

Untuk ketahanannya sendiri Samsung mengklaim bahwa baterai 7000 mAh sanggup dipakai 24 jam untuk internetan di jaringan 4G maupun WiFi, dan menyetel video hingga 33 jam. Bisa juga buat menelepon selama 50 jam (via jaringan 4G) atau mendengarkan lagu sampai 145 jam.

Baca juga : 5 Rekomendasi HP Android Harga 3 – 4 Juta Terbaik 2020

Kekurangan Samsung Galaxy M62

1. Belum Mendukung 5G

Samsung Galaxy M62 hadir di Indonesia pada bulan Juni 2021 dengan harga ritel awal Rp 5,9 jutaan untuk satu varian yang tersedia, yakni RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB. Melihat banderol harganya, Anda bisa saja berekspektasi ponsel ini siap menghadapi era 5G. Sekaligus menjadi pesaing kuat bagi OPPO Reno 5G (Snapdragon 765G), yang dijual dengan harga Rp6,99 juta.

Sayang, dukungan 5G masih absen buat ponsel ini karena secara default chipset Exynos 9825 memang tak membawa modem 5G. Alhasil, Galaxy M62 mentok di jaringan 4G. Beruntung ponsel ini sudah bisa menangkap sinyal WiFi 5 GHz yang kestabilan koneksinya lebih baik ketimbang model 2,4 GHz.

2. Dimensi Tebal dan Bobot Berat

Untuk kekurangan yang satu ini memang tidak berlaku bagi user yang suka terhadap smartphone dengan model dimensi tebal dan bobot yang berat, akan tetapi bagi kami pribadi ini menjadi salah satu kekurangan karena kami tidak menyukai smartphone dengan dimensi tebal dan bobot yang berat.

Hal tersebut memang merupakan konsekuensi dari baterai jumbo yakni 7000 mAh yang dikandungnya. Rata-rata ponsel dengan ukuran baterai di atas 5000 mAh memang punya berat lebih dari 200 gram.

3. Layar Tidak Mendukung HDR dan Refresh Rate Tinggi

Tidak ada yang perlu diragukan dari panel Super AMOLED bikinan Samsung. Panel ini punya reproduksi warna yang baik (vivid), bahkan sebagian orang cenderung lebih menyukainya ketimbang IPS. Khususnya ketika layar menampilkan warna hitam, sangat pekat.

Hanya saja layar Super AMOLED Full HD+ 6,7 inci yang terpasang di muka Galaxy M62 ini belum mendukung teknologi seperti kedalaman warna bertaraf HDR, refresh rate tinggi, dan touch sampling rate tinggi. Hanya ada kemampuan menampilkan gambar dengan kecerahan tinggi sampai 420 nit. Hal ini mungkin akan sedikit memengaruhi pengalaman bagi mereka yang suka menyaksikan konten berkualitas tinggi dan bermain game.

Nah itulah Kelebihan dan Kekurangan dari Samsung Galaxy M62, Bagi kalian yang tertarik akan kelebihan dari Samsung Galaxy M62 tanpa mengabaikan kekurangannya Anda bisa melihat list harganya di Ecommers seperti Tokopedia dan Shopee.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *