Rekomendasi 5 Framework CSS Terbaik

Desain front-end menjadi bagian yang sangat penting pada website atau aplikasi. Bukan cuma untuk meningkatkan impresi positif suatu brand saja, melainkan juga menjadi faktor kenyamanan pengguna untuk terus mengunjungi website atau memakai aplikasi karena faktor tampilannya yang user-friendly.

Bagi kalian yang ingin terampil membangun suatu tampilan website (front-end), setidaknya kalian perlu menguasai bahasa pemrograman yaitu CSS. Untuk kalian yang ingin mempelajari CSS, kalian perlu belajar dasar terlebih dahulu untuk membangun suatu pondasi agar ketika kalian menggnakan framework, kalian sudah paham akan struktur code-codenya, karena pada jaman sekarang kebanyakan programmer (front-end) menggunakan framework css karena kemudahannya menciptakan desain front-end tanpa harus coding dari nol dan tentunya bisa menghemat waktu kalian.

Pada artikel kali ini yiptechid akan merekomendasikan 5 framework CSS yang sering orang gunakan terlebih bagi seorang programmer (front-end)

Rekomendasi 5 Framework CSS Terbaik

1. Bootstrap

Bootstrap merupakan salah satu CSS terpopuler di kalangan programmer. Framework Bootstrap adalah public open source gratis yang diperkenalkan oleh Twitter. Dan tentunya, Twitter sendiri juga menggunakan Bootstrap ini untuk CSS Framework mereka. Dengan menggunakan Bootstrap, Anda dapat mendesain website dengan lebih cepat, mudah, dan rapi. Bootstrap juga dilengkapi dengan kelebihan Anda bisa mendownload source code framework Bootstrap. Beberapa fitur lain yang Bootstrap miliki antara lain adalah fitur button dan typography, fluid container, responsiveness, form, grid system, JavaScript Toolkit (tooltip, dropdown menu, modal, dll), serta layout tampilan website.

2. Foundation

Foundation merupakan CSS framework dari ZURB yang tercipta pada tahun 2011. Vendor Foundation mengklaim bahwa framework ini mereka tujukan untuk kalangan profesional. Yang mana biasanya mereka butuhkan untuk pengkodingan HTML email yang membutuhkan tampilan menarik. Framework Foundation juga memiliki hampir semua fitur yang di perlukan sebuah framework, antara lain mudah di baca, dapat di sesuaikan, mobile-first, aksesibilitas yang tinggi, desain yang responsif dan lebih cepat, sehingga mudah untuk merancang situs web dan aplikasi ketika di akses dari perangkat apa saja.

3. Bulma

Framework CSS Terbaik

Bulma merupakan open source CSS framework berbasis Flexbox yang sangat modern dan telah digunakan oleh lebih dari 200.000 developers. Hampir sama dengan kebanyakan framework, Bulma memiliki keunggulan framework yang responsif, . Keunggulan lainnya, Bulma sangat membantu memudahkan berbagai hal, karena Bulma memiliki kelengkapan yang sudah tersedia dan siap untuk digunakan. Bulma memiliki kelebihan layout yang kreatif dan variatif pada setiap halaman website, memiliki grid system yang sederhana, sangat mudah Anda mempelajarinya, sangat cepat jika ingin di kustomisasi, full screen vertical centering, tidak memerlukan JavaScript, serta memiliki komunitas pengguna yang cukup besar.

4. Semantic-UI

Jika kalian ingin membuat desain web yang cantik dengan cepat, maka Semantic-UI adalah jawabannya. Dengan HTML yang human-friendly, Semantic-UI memiliki kelebihan-kelebihan lain seperti HTML yang ringkas, JavaScript yang intuitif, debugging yang sederhana, memiliki variabel tema yang tinggi sehingga memudahkan Anda membuat variasi desain web secara lengkap. Semantic-UI memiliki koleksi, tampilan, dan modul yang mencakup keseluruhan interface design. Semantic-UI juga mempunyai rancangan sangat responsif, sehingga variasi elemen-elemen yang dibangun dapat disesuaikan dengan fleksibel oleh penggunaan tablet dan seluler.

5. UIKit

UIKit merupakan framework yang ringan dan modular untuk membuat interface web yang cepat dan kuat. Jika Anda menginginkan sebuah interface web yang mengusung tema minimalis, maka framework ini cocok Anda gunakan. UIKit di ciptakan oleh YOOtheme pada tahun 2013. Walaupun terkesan minimalis, tapi UIKit juga memiliki hampir seluruh fitur-fitur yang di butuhkan oleh sebuah framework. UIKit mendukung sistem pengkodingan yang cepat namun tetap dapat membuat tampilan website lebih menarik dan minimalis.

Itulah 5 Framework CSS Terbaik, untuk kalian yang ingin mengetahui jenis-jenis framework css lebih banyak lagi, kalian bisa melihatnya di artikel selanjutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *