Penyebab Blog Anda Sepi Pengunjung dan Cara Mengatasinya

Membangun suatu blog yang memiliki banyak visitor tiap harinya adalah impian semua blogger, tak terkecuali dengan blog ini. Memang tidak mudah mendatangkan banyak visitor dengan instan, terlebih jika blog Anda belum cukup umur atau masih baru Anda buat, tentu saja hal ini sangat sulit terealisasikan.

Bagi Anda yang mempunyai blog yang saat ini masih saja sepi pengunjung, Anda perlu mengetahui beberapa penyebabnya yang akan kami jelaskan pada artikel kali ini dan pastinya setelah anda tahu penyebabnya Anda bisa mengatasi hal tersebut.

Penyebab Blog Sepi Pengunjung

Penyebab Blog Anda Sepi Pengunjung dan Cara Mengatasinya

1. Umur Blog Masih Baru

Jika memang blog anda masih baru jangan khawatir akan sepinya pengunjung, hal ini memang wajar karena mesin pencari seperti google masih belum mengenal blog Anda. Untuk itu cara mengatasinya adalah lakukan suatu pengenalan terhadap blog Anda ke Google dengan cara mendaftarkan blog Anda di Google Search Console. Dengan begitu blog Anda akan terindeks oleh google, Selain itu seiring berjalannya waktu Anda juga harus memperbanyak jumlah artikelnya. Jadi tidak hanya umur blog Anda saja yang semakin bertambah melainkan juga artikel yang ada pada blog Anda.

2. Konten tidak berkualitas

Membuat konten yang apa adanya tanpa melihat suatu kualitas sangat berpengaruh terhadap visitor blog Anda. Jika hal ini Anda lakukan maka sebaiknya stop dari sekarang, hal ini karena Anda telah menghabiskan waktu dengan percuma. Untuk itu cara mengatasinya adalah dengan membuat konten yang berkualitas dan semenarik mungking. Anda bisa menggunakan tools google untuk sebuah tren pecarian dengan menggunakan keyword di Google Trends sebagai refereni pembuatan konten Anda.

3. Loading Blog Terlalu Berat

Faktor berikutnya yang membuat blog Anda sepi pengunjung adalah terlalu lama loading yang terjadi pada blog Anda. Hal ini terjadi di banyak faktor seperti, penggunaan tema yang berat, layanan hosting Anda tidak bagus, konten seperti gambar dan video anda terlalu berat dan masih banyak lagi. Cara mengatasinya adalah dengan mencari faktor-faktor yang membuatnya menjadi berat kemudian atasi masalah itu. Seperti Memilih tema yang cocok dan ringan, memillih penyedia hosting yang terbaik. Jika konten Anda banyak terdapat gambar maka buatlah ukuran file gambar itu seminimal mungkin tapi dengan syarat tanpa mengurangi kualitas gambar. Anda bisa membuat gambar dengan ukuran ringan tanpa mengurangi kualitas gambar yaitu dengan menggunakan TinyPNG

Baca juga : Cara Membuat Tulisan Berjalan di Website dan Blog

4. Kurangnya Promosi

Penyebab berikutnya adalah kurangnya promosi, yang mana ini sangat dianjurkan. Jika Anda mempunya budget lebih anda bisa mempromosikan blog anda dengan menggunakan jasa pasang iklan di googel advertising atau mungkin memasang jasa iklan di website yang sudah terkenal yang menyediakan jasa pasang iklan tentunya. Tetapi jika Anda tidak mempunyai budget lebih Anda bisa mempromosikannya lewat media sosial, forum online, blog walking dengan cara men-share konten yang bisa Anda lakukan secara gratis

5. Tidak Cukup Backlink

backlink adalah link yang diletakan di situs lain yang mengarah ke halaman situs Anda. Backlink adalah salah satu faktor yang menentukan rangking halaman blog agar muncul lebih baik pada hasil pencarian mesin pencari. Dengan backlink yang cukup maka peluang halaman blog muncul pada posisi terbaik bisa Anda raih. Boleh jadi judul artikel yang anda buat merupakan judul artikel yang banyak peminatnya. Namun tidak menutup kemungkinan banyak blogger yang lain yang lebih dulu menggunakan judul yang sama, sehingga artikel anda harus mampu untuk bersaing dengan artikel lainnya yang relevan yang lebih dulu terbit. Jika artikel postingan anda tidak bisa bersaing maka posisi artikel anda akan anjlok dan sulit untuk ditemukan. Oleh karena itu salah satu untuk memenangkan persaingan adalah kehadiran backlink untuk artikel anda. Silahkan bangunlah backlink yang menuju url artikel anda yang ingin anda buat posisinya lebih baik di hasil pencarian.

6. Terkena Pinalty dari Google

Banyak melakukan kesalahan dalam aktivitas blogging akan menyebabkan blog yang kita sayangi terkena penalty google. Salah satu yang paling umum adalah deindex, blog akan sulit untuk ditemukan mesin pencari. Ada beberapa penyebab penalty oleh google, beberapa diantaranya adalah:

  • Sering membangun backlink dengan komentar spam, sebaiknya berhati hati ketika memburu backlink dengan cara ini, agar lebih aman jangan terlalu sering cukup seminggu sekali dan batasi jumlahnya. Gunakan anchor text yang berbeda setiap kali meletakan backlink dengan cara ini, jika tidak tindakan anda akan mudah untuk terdeteksi sebagai tindakan webspam.
  • Terkena penalty google panda, dikarenakan artikel anda kurang bermutu dan tidak berkualtias, biasanya penalty ini menyerang artikel yang kita buat hasil copypaste.

Jika blog anda terkena penalty maka kemungkinan besar trafik blog anda akan goyang dan tidak stabil, dan kemungkinan besar trafik blog anda akan semakin mengerucut.

Nah itulah beberapa penyabab blog sepi pengunjung yang harus Anda perhatikan dan sebisa mungkin jika penyebab yang kami ulas tersebut terdapat pada blog anda segeralah Anda memperbaikinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *