Pengertian Afiliasi dan Manfaatnya yang Harus Anda Ketahui

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, afiliasi adalah bentuk kerja sama antara dua lembaga, biasanya yang satu lebih besar daripada yang lain, tetapi masing-masing berdiri sendiri. Afiliasi bisa juga disebut sebagai hubungan atau pertalian sebagai anggota atau cabang.

Selanjutnya, terdapat tiga pihak yang terlibat dalam sebuah program afiliasi. Pertama adalah pihak produsen atau pemilik produk, kedua adalah afiliator atau orang yang mengikuti program afiliasi. Serta yang terakhir adalah konsumen, yaitu orang yang menggunakan produk dari produsen.

Siklus cara kerja program ini adalah tedapat tiga pihak: Produsen, Afiliator dan Konsumen. Pihak produsen mengadakan program afiliasi, kemudian Afiliator mendaftarkan diri pada program tersebut dan mendapatkan sebuah kode referral. Kode ini bertujuan untuk membedakan antara Affiliator satu dengan yang lainnya.

Setelah itu Affiliator melakukan strategi pemasaran produk dengan menyertakan kode referral miliknya. Ketika Affiliator mendapatkan konsumen yang ingin memakai produk yang ia pasarkan, kemudian Affiliator menyertakan kode referral miliknya agar komisi yang ia dapatkan dari hasil penjualannya bisa masuk ke akun miliknya agar tidak salah alamat ke Affiliator lain.

Nah setelah Anda paham penjelasan diatas tentang sistem Affiliasi, kemudian kami akan memberitahukan apa saja manfaat dari program tersebut.

Manfaat Afiliasi Pemasaran

1. Waktu kerja fleksibel

Keuntungan yang pertama adalah jam kerja yang cukup fleksibel. Pekerjaan afiliasi tidak menuntut anda untuk bekerja di saat jam kerja kantor saja. Akan tetapi, anda dapat melakukan berbagai kegiatan promosi produk setiap saat melalui berbagai perangkat dan media informasi yang ada.

Jika anda memanfaatkan media seperti website, dan social media, anda dapat menjalankan bisnis kapan saja tanpa batasan waktu. Karena, setiap pengguna media sosial maupun website selalu mengakses berbagai platform setiap saat.

2. Modal kecil

Selanjutnya, pekerjaan ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Hal yang harus anda miliki dan kuasai adalah kemampuan untuk berkomunikasi baik dengan konsumen. Kemudian, memiliki integritas dan reputasi perilaku yang baik. Serta menjaga attitude dan dapat berinteraksi dengan berbagai teknologi terkini.

Apabila anda membutuhkan pekerjaan dengan modal minim, anda dapat mencoba program ini. Namun terdapat dua jenis tipe perusahaan yang menawarkan program tersebut. Pertama, perusahaan yang mengharuskan pelamar untuk membeli produk tersebut sebelum melakukan kegiatan promosi.

Dan kedua, perusahaan yang tidak mengharuskan pelamar untuk membeli produk tersebut. Sebagai masukan, cobalah untuk memilih produk sesuai dengan kebutuhan anda sekarang. Sehingga, anda dapat menjalankan program afiliasi, serta mendapatkan produk sesuai kebutuhan anda.

Baca juga : Bisnis Digital Yang Bisa Anda Manfaatkan di Era Pandemi

3. Resiko rendah

Apa yang setiap orang coba pastikan saat berada dalam bisnis adalah bahwa mereka menginginkan resiko seminimal mungkin. Persis seperti itu dalam hal ini, di sini anda tidak perlu membuat anggaran pemasaran, melainkan akan mendapatkan klien secara langsung. Biaya permulaan model bisnis ini sangat rendah, begitu juga dengan biaya keseluruhan.

Oleh karena itu banyak memilih Affiliate Marketing untuk membantu bisnis mereka tumbuh lebih besar dan lebih baik dengan berlalunya waktu. Mungkin ini adalah peluang bagus untuk memulai jika anda memiliki bisnis skala kecil.

4. Mendapatkan penghasilan Pasif

Pekerjaan ini juga memberikan keuntungan dari sisi pendapatan. Jika pada umumnya, seorang pegawai bekerja di dalam kantor atau sebuah perusahaan, maka akan mendapatkan penghasilan aktif. Pendapatan tersebut diperoleh dari hasil kinerja dan aktivitasnya selama berada di dalam kantor.

Namun, dengan anda menjadi seorang afiliator, anda berkesempatan untuk menghasilkan pendapatan secara pasif. Maksudnya, anda tidak perlu selalu mengawasi jalannya promosi produk dalam kantor maupun rumah setiap saat. Saat anda tidur pun juga bisa mendapatkan penghasilan dari penjualan produk atau jasa.

Itulah beberapa manfaat dari program Afiliasi, kemudian dibawah ini adalah dua contoh perusahaan yang mengadakan program afiliasi di Indonesia.

Contoh perusahaan afiliasi di Indonesia

1. Niagahoster

Sebuah perusahaan yang bergerak dibidang teknologi tepatnya yaitu penyedia layanan hosting dan domain, program afiliasi milik Niagahoster ini telah melakukan pencairan komisi per hari ini sebanyak 6651 kali oleh lebih dari 2459 anggota Program Afiliasi Niagahoster. Total komisi yang dicairkan mencapai Rp. 13.960.455.870. Untuk pembagian komisinya, Niagahoster menawarkan komisi sebesar 70% dari hasil penjualan. Nah jika anda ingin mencobanya bisa berkunjung ke program afiliasi milik Niagahoster.

2. Lazada

Lazada sendiri merupakan platform Market Place terbesar di Asia Tenggara. Melalui program afiliasinya Lazada menawarkan cara mudah untuk mendapatkan keuntungan dari situs web dan aplikasi dengan model pembagian pendapatan atau komisi hingga 10% dari setiap pesanan yang dihasilkan. Didukung oleh tim dukungan terbaik di 6 negara dan teknologi yang paling canggih dengan ribuan pilihan media promosi serta siklus pembayaran yang mudah dan waktu validasi yang singkat membuat Lazada Afiliate Program no 1 di industri ini. Jika anda ingin mencobanya bisa berkunjung ke program afiliasi milik Lazada.

Demikianlah pembahasan mengenai Afilias dari mulai pengertian, manfaat hingga beberapa contoh perusahaan yang mempunyai program Afiliasi tersebut. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *