Cara Membuat Pas Foto Menggunakan Adobe Photoshop

Pas foto adalah jenis foto kecil sebagai identitas diri yang mencakup area dari kepala hingga dada seseorang. Di negara Indonesia sendiri pas foto memiliki tiga ukuran standar yaitu ukuran 2X3, 3X4 dan 4X6. Selain memiliki tiga ukuran tersebut pas foto biasanya memiliki warna background antara lain adalah warna merah dan biru, yang mana dua warna background tersebut biasanya untuk keperluan kartu tanda penduduk (KTP). Warna merah biasanya identik untuk orang dengan tahun kelahiran genap dan warna biru untuk orang dengan tahun kelahiran ganjil.

Penggunaan Pas Foto di Indonesia

  • Pas foto 2×3 memiliki ukuran 20 x 28mm dan biasa digunakan pada Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemdui (SIM) dan Buku Nikah;
  • Untuk Pas foto 3×4 memiliki ukuran 28 x 38mm merupakan ukuran yang paling sering digunakan dalam berbagai keperluan sehari-hari seperti penggunaan untuk Daftar Riwayat Hidup, Foto pada Ijazah dan Sertifikat;
  • Dan untuk Pas foto 4×6 memiliki ukuran 38 x 58mm dan biasa digunakan pada saat membuat Surat Kelakuan Catatan Kepolisian (SKCK).

Cara membuat pas foto bukanlah hal yang sulit, dengan menggunakan aplikasi Photoshop Anda bisa merubah background sekaligus memanipulasi foto lainnya seperti memotong area foto dan juga bisa menghaluskan hasil editan agar terlihat lebih realistis dengan menggunakan beberapa tools yang tersedia pada Photoshop.

Bagi Anda yang ingin mencoba memanipulasi foto untuk keperluan pas foto dengan menggunakan Photosop (dalam tutorial ini kami menggunakan Adobe Photoshop CS3), Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang akan kami bagikan berikut ini

Membuat Pas Foto Menggunakan Adobe Photoshop

  • Pertama Anda harus mempunya aplikasinya terlebih dahulu, jika belum punya Anda bisa mengunduhnya -> Download Adobe Photoshop CS3
  • Setelah berhasil ter unduh dan menginstalnya, Buka Aplikasi Adobe Photoshop dengan cara klik dua kali pada icon photoshop
  • Setelah itu maka akan terbuka area kerja seperti gambar berikut ini
  • Masukan foto yang ingin Anda edit, Anda bisa melakukannya dengan cara klik File > Open atau bisa juga dengan menekan ctrl + O

Pada tutorial kali ini kami menggunakan foto seadanya, jika Anda ingin membuat pas foto sebaiknya gunakan foto dengan pakaian formal atau setidaknya pakaian yang rapi dan berkerah

Cara Crop foto menggunakan Photoshop

  • Sebagai contoh, kita akan membuat pas foto 3×4 dengan ukuran 28 x 38mm. Pada Tool Box silakan pilih ikon Crop Tool atau dapat menekan tombol C pada keyboard sebagai shortcut untuk mengaktifkan Crop Tool.
  • Silakain isi Width (lebar) dengan 28mm, Height (tinggi) 38mm dan Resolution 300px/in.
  • silakan atur posisi foto agar proporsional sesuai standar pas foto. Apabila telah pas, hit Enter dan foto akan terpotong sesuai kebutuhan.

Seleksi Foto sebelum menghapus Background

  • Sebelum merubah latar belakang foto, pertama ubah gambar menjadi layer dengan cara klik pada panel layer.
  • Apabila panel layer tidak aktif untuk memunculkannya klik Menu Windows > Layers. Double klik pada tulisan Background. Akan muncul jendela New Layer, biarkan nama layer tetap Layer 0 dan klik Ok.
  • Selanjutnya, pisahkan objek foto dengan background foto. Caranya adalah dengan menggunakan Tool Box > Polygonal Lasso Tools atau dapat menekan tombol L sebagai shortcutnya.

Pada tahap ini Anda perlu sedikit membutuhkan kesabaran dan ketelitian agar hasil editan tetap terlihat realistis. Untuk menggunakan Polygonal Lasso Tools klik pada sudut foto kemudian geser kursor mengkuti area yang akan Anda pisahkan, klik untuk membuat poin pada lekukan atau area yang melengkung.

Untuk membantu mempermudah pengeditan Anda dapat melakukan zoom in, zoom out dan menggeser objek (drag) menggunakan shortcut berikut ini:

Zoom In: Ctrl + (+);
Zoom Out: Ctrl + (-);
Menggeser Objek (Drag): tekan dan tahan Spasi kemudian drag menggunakan mouse;
Menghapus Poin: gunakan tombol Delete.

Hasil akhirnya kurang lebih akan terlihat seperti gambar berikut ini, yang mana poin terakhir akan ditarik bertemu dengan poin pertama. Apabila garis yang telah Anda buat menjadi garis putus-putus menandakan kita telah sukses membuat seleksi menggunakan Polygonal Lasso Tools.

Menjadikan foto terlihat lebih Realistis

Sebelum menghapus latar belakang sebaiknya kita memberikan sedikit sentuhan agar foto tidak terlihat “mengambang” apabila kita tempelkan dengan latar belakang lain. Sebagai ilustrasi Anda dapat melihatnya pada gambar berikut ini.

Pada objek sebelah kiri background foto langsung di hapus setelah di seleksi menggunakan Polygonal Lasso Tools sehingga terlihat kasar dan kaku. Untuk objek kedua (tengah), dapat dilihat pada lekukan-lekukan objek terlihat tidak kasar seperti objek pertama. Dan untuk objek ketiga sisi objek terlihat lebih halus dan tidak terkesan menempel pada background. Metode tersebut dapat kita terapkan agar foto tidak terkesan kaku saat kita tempelkan pada latar belakang yang berbeda.

  • Untuk menambahkan efek tidak kasar pada foto caranya klik Menu Select > Modify > Smooth, isi nilai Sample Radius sesuai kebutuhan. Nilai 2 s.d 4 biasanya sudah cukup.
  • Untuk menambahkan efek halus caranya klik pada Menu Select > Feather, isi nilai Feather Radius sesuai kebutuhan. Nilai 1 s.d 1,5 biasanya sudah cukup.

Menghapus dan merubah Background Foto

  • Setelah foto kita beri sentuhan Smooth dan Feather selanjutnya adalah menghapus latar belakang foto yaitu dengan cara menekan tombol Delete pada keyboard. Foto akan terlihat seperti gambar berikut ini, untuk menghilangkan seleksi (garis putus-putus) dapat menggunakan shortcut Ctrl + D.
  • Terakhir, menambahkan background pada pas foto yaitu dengan cara menduplikat layar. Pada Panel Layer klik kanan Layer 0 kemudian pilih Duplicate Layer… atau dapat menggunakan shortcut Ctrl + J.
  • Sekarang layer akan bertambah menjadi dua, yaitu Layer 0 copy dan Layer 0. Pada Tool Box, ubah warna Background sesuai kebutuhan misal warna biru. Ubah layer aktif menjadi Layer 0. Gunakan shortcut Ctrl + Delete untuk merubah warna latar pada Layer 0 (layer aktif) sesuai dengan warna background pada Tool Box.

Hasil akhirnya akan terlihat seperti gambar dibawah.

Untuk kebutuhan pengeditan (agar mudah merubah warna latar tanpa perlu mengedit ulang dari awal) simpan dokumen yang telah dibuat kedalam format Photoshop (.psd). Sebelum mencetaknya pastikan Anda menggabungkan terlebih dahulu kedua layer tersebut dengan cara klik Menu Layer > Flatten Image. Cara membuat pas foto menggunakan Photoshop diatas merupakan tutorial pemula, dimana Anda dapat mengembangkannya agar dapat menghasilkan editan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *