Inilah Rumus Ms.Excel Yang Sering Digunakan di Dunia Kerja

Rumus Ms.Excel yang sering digunakan – Salah satu syarat untuk dapat diterima kerja adalah anda harus bisa menggunakan komputer. Biasanya selain anda diwajibkan bisa komputer, anda juga harus bisa menggunakan Microsoft Office, salah satunya adalah Microsoft Excel.’

Dalam penggunaan Ms.Excel sendiri tidak hanya sekedar membuat data dengan table, melainkan anda harus bisa mengolah data yang ada dengan menggunakan rumus-rumus di Ms.Excel. Pada artikel kali ini yiptechid akan membagikan rumus-rumus Ms.Excel yang sering digunakan di dunia kerja.

Rumus Ms.Excel Yang Sering Di Gunakan di Dunia Kerja

1. SUM

Rumus Excel yang yang pertama adalah SUM. Rumus Excel SUM ini memiliki fungsi utama untuk mencari penjumlahan atau menjumlahkan angka. Umumnya, bisa menggunakan operator plus (+) atau simbol tambah (manual). Namun, kamu bisa menggunakan dua rumus berikut, yakni dengan menjumlahkan angka pada cell atau range Excel. Misalnya, kamu akan menjumlahkan angka-angka pada cell C2 hingga C7, maka kamu bisa menggunakan rumus excel sebagai berikut:

=C2+C3+C4+C5+C6+C7
SUM(C2:C7)

Kemudian bagaimana jika ingin menggunakan rumus pengurangan, perkalian dan pembagian? anda bisa menggunakan operator seperti berikut

Pengurangan : =number1-number2
Perkalian : =number1*number2
Pembagian : =number1/number2

Baca juga : Rumus Ms.Excel MAX, MAXA, MIN, MINA Beserta Contohnya

2. AVERAGE

Rumus Excel yang kedua adalah Average. Rumus Average ini memiliki fungsi utama, yakni mencari nilai rata-rata suatu variabel. Dengan menggunakan rumus Excel, tentu saja akan membuat suatu pekerjaan, semakin mudah dan cepat.

Rumus Average: =AVERAGE(number1:number2)
Contoh: =AVERAGE(L3:L6)

3. MIN

Kamu ingin mencari mana nilai angka yang paling rendah, di antara banyaknya data? Nah, rumus MIN, menjadi rumus selanjutnya. Sehingga, jika kamu sedang mencari nilai terendah pada sebaris deretan angka, kamu bisa menggunakan rumus MIN.

Rumus Min: =MIN(number1:number2)
Contoh: =MIN(L3:L6)

4. MAX

Kebalikan dari MIN, rumus MAX berfungsi untuk mencari nilai tertinggi, pada sebaris deretan angka. Adapun penulisan rumusnya juga tidak berbeda jauh dengan rumus MIN

Rumus MAX: =MAX(number1:number2)
Contoh: =MAX(L3:L6)

5. IF

Rumus IF adalah yang selanjutnya, rumus ini bisa anda gunakan di dunia kerja untuk segala bidang pekerjaan. Adapun fungsi rumus Excel IF ini, bisa membantu kamu mengembalikan sebuah nilai, jika kondisi yang kita cek BENAR/SALAH, dan mengembalikan sebuah nilai lainnya, jika kondisi yang kita cek SALAH/FALSE. Namun, intinya, kamu bisa meletakkan beberapa IF tergantung kebutuhan.

Rumus IF: =IF(logical_test,[value_if_true],[_if_false]
Contoh: =IF(2<3,”Benar”,”Salah”)> “Benar” =IF(2>3,”Benar”,”Salah”)> “Salah”

6. COUNT

Rumus Excel yang selanjutnya dan hampir sama dengan SUM adalah COUNT. Count ini berfungsi untuk menghitung jumlah cell yang berisi angka.

Rumus COUNT: =COUNT(value1,[value2],..]
Contoh: =COUNT(a1:a10)

7. COUNTIF

Hampir sama dengan rumus COUNT, CountIF ini berfungsi untuk menghitu ng jumlah cell, pada suatu range yang memiliki satu kriteria tertentu.

Rumus COUNTIF: =COUNTIF(range,criteria)
Contoh : =COUNTIF(a1:a10,”A”)

8. CONCATENATE

Rumus Excel yang selanjutnya adalah CONCATENATE. Adapun rumus ini bisa membantu ketika kamu ingin menggabungkan beberapa nilai, pada cell dengan beberapa modifikasi kata.

Rumus Concatenate: =CONCATENATE(text1;text2;…)
Contoh: = CONCATENATE( Pembaca ;K6; Jumlahnya ;L6)

9. LEFT

Ada rumus yang juga tak kalah penting yaitu LEFT. Apa fungsinya? Rumus LEFT bisa anda gunakan jika anda butuh mengambil beberapa karakter, dalam sebuah kata ataupun angka, dari sebelah kiri.

Rumus Left: =LEFT(cell yang mau diambil;jumlah karakter yang ingin ditampilkan)
Contoh: =LEFT(B25;5)

10. RIGHT

Penggunaannya hampir sama seperti rumus LEFT, hanya saja rumus RIGHT mengambil karakter dari sebelah kanan.

Rumus Right: =RIGHT(cell yang mau diambil;jumlah karakter yang ingin ditampilkan)
Contoh: =RIGHT(B25;5)

11. MID

Sebenarnya, rumus MID memiliki tujuan yang sama seperti rumus Left dan Right, hanya saja rumus MID, mengambil karakter dari tengah-tengah.

Rumus Mid: =MID(cell yang mau diambil;jumlah karakter yang ingin ditampilkan)
Contoh: =MID(B25;5)

12. REPT

Nah, untuk rumus Excel yang selanjutnya ini, biasanya terpakai ketika kamu ingin menghitung, berapa banyak suara ketika pemilihan ketua OSIS, atau pemilihan lainnya. Contohnya, dalam satu suara kamu lambangkan dengan Turus ( | ), sehingga kamu bisa menghitung berapa banyak Turus, yang ada pada tabel.

Rumus Rept: =REPT( | ;berapa banyak pengulangan)
Contoh: =REPT( | ;(B25/$B$30)*100)

13. Date

Yang selanjutnya terlebih dalam kegiatan sehari-hari adalah rumus DATE. Rumus ini bisa anda gunakan, ketika anda ingin menambahkan tanggal pada file Excel.

Rumus Date: =DATE(year;month;day)
Contoh: =DATE(2019;2;1)

14. Year

Nah, untuk rumus Year bisa anda gunakan, ketika anda hendak mengambil data tahun, pada sebuah cell berformat tanggal.

Rumus Year: =YEAR(cell yang ingin diambil datanya)
Contoh: =YEAR(B3)

15. Month

Rumus Excel selanjutnya adalah rumus Month. Month bisa anda gunakan apabila anda hendak mengambil data bulan pada sebuah cell berformat tanggal.

Rumus Month: =MONTH(cell yang ingin diambil datanya)
Contoh: =MONTH(B3)

16. Day

Rumus Excel yang paling sering di gunakan dan menjadi rumus terakhir yang di bahas adalah rumus Day. Day ini biasa kita gunakan apabila kamu hendak mengambil data hari pada sebuah cell berformat tanggal.

Rumus Day: =DAY(cell yang ingin diambil datanya)
Contoh: =DAY(B3)

Itulah beberapa informasi terkait deretan rumus Excel yang paling sering di gunakan, terutama di dunia kerja. Jadi, sebelum kamu melamar pekerjaan yang menggunakan Microsoft Excel di dalamnya, pastikan kamu sudah menguasai deretan rumus Excel di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *