Inilah Generasi iPhone dari Masa ke Masa (2007-2020)

Siapa yang tidak mengenal iPhone? ya salah satu merk smartphone yang terkenal dan banyak penggunanya di dunia ini telah meramaikan pasar gadget hingga sekarang. iPhone dikenal sebagai pemimipin inovasi teknologi smartphone karena iPhone merupakan ponsel pertama yang mampu menjalankan panggilan telepon, terhubung ke internet, menerima e-mail, mendengar musik, dan dinavigasi dengan jari manusia.

Pendiri Apple Steve Job memperkenalkan untuk pertama kalinya smartphone mereka yaitu ‘iPhone’ generasi pertama pada 9 Januari 2007, dalam ajang MacWorld di San Francisco, Amerika Serikat. Hingga sekarang iPhone telah melalui beberapa generasi dengan seri-seri yang telah mereka keluarkan. Bagi anda yang ingin lebih mengenal tentang semua seri iPhone dari yang pertama hingga sekarang, kami akan membagikannya untuk anda.

Generasi iPhone Dari Masa Ke Masa (2007-2020)

1. iPhone (2007)

iPhone generasi pertama ini hanya memiliki penyimpanan maksimum 16 GB. Karena pada saat itu tidak banyak file berukuran besar yang membutuhkan kapasitas penyimpanan besar seperti pada masa sekarang ini. Selain itu, iPhone generasi pertama ini hanya mempunyai RAM 128 MB. Perbedaan yang sangat besar dibandingkan dengan ponsel masa kini yang bisa mencapai belasan Gigabyte. Kameranya pun masih beresolusi 2 MP.

2. iPhone 3G (2008)

iPhone generasi ini memiliki spesifikiasi tidak jauh beda dengan yang sebelumnya hanya saja terdapat beberapa penambahan fitur dan teknologinya seperti toko aplikasi (App Store), Jaringan 3G dan perubahan sistem operasinya yang baru dari iPhone generasi sebelumnya.

3. iPhone 3GS (2009)

Dengan iPhone 3GS, Apple memperkenalkan pilihan 32 GB penyimpanan, dua kali lipat dari iPhone sebelumnya. Pengaruh besar App Store dengan cepat mengubah banyak hal. Kapasitas memori 16 GB di seri lama tentu tidak akan cukup di antara foto, musik, dan aplikasi yang tersedia di toko aplikasi tersebut. Kamera pun ditingkatkan menjadi 3 MP dan menambahkan perekaman video. Apple juga menambahkan Voice Control.

4. iPhone 4 (2010)

Perubahan besar teradapat pada penambahan kamera depan, ya iPhone 4 ini adalah iPhone pertama yang menggunakan kamera depan. IPhone 4 juga mendapat perubahan layar yaitu Retina. Dengan memori 512 MB, iPhone 4 mampu menangani pekerjaan lebih dari sekadar iPhone 3GS, yang hanya memiliki memori 256 MB.

5. iPhone 4S (2011)

iPhone 4S menambahkan spesifikasi kameranya menjadi 8 MP dari seri sebelumnya yaitu 5 MP. Apple juga memperkenalkan opsi penyimpanan 64 GB. Perekaman video juga ditingkatkan menjadi 1080p. iPhone seri ini juga merupakan iPhone pertama yang dilengkapi dengan Siri.

6. iPhone 5 (2012)

Pada seri ini terjadi perubahan layar menjadi 4 inch, yang sebelumnya kita ketahui bahwa dari seri iPhone ke iPhone 4s memiliki layar hanya 3.5 inch saja. Untuk konektivitas iPhone 5 sudah tersedia 4G LTE, selain itu perubahan juga terjadi pada peningkatan memorinya yaitu 1 GB. Apple juga memperkenalkan konektor Lightning pada seri ini.

7. iPhone 5s & iPhone 5c (2013)

Pada tahun 2013 merupakan tahun produktif Apple, pasalnya Apple sendiri mengeluarkan 2 seri sekaligus yaitu iPhone 5s & iPhone 5c. Dimana iPhone 5s memperkenalkan Touch ID, dual flash, dan video untuk gerakan lambat, sedangkan iPhone 5C memiliki spek sama dengan iPhone 5 hanya saja bagian material menggunakan polikarbonat di bagian belakangnya.

8. iPhone 6 & iPhone 6 Plus (2014)

CEO Apple Tim Cook menerima pujian dan kritikan saat peluncuran dua seri ini, pasalnya iPhone 6 Plus mengusung layar Phabalet 5.5 Inch dimana layar ini tidak disukai oleh Jobs karena terlalu besar. Selain itu terdapat perubahan dibagian internal memori yaitu tersedianya varian lain sebesar 128GB. Pada seri iPhone ini Apple juga mulai meninggalkan penyimpanan berkapasitas 32GB.

9. iPhone 6s & iPhone 6s Plus (2015)

Lini iPhone keluaran 2015 untuk pertama kalinya dilengkapi dengan teknologi 3D Touch atau serupa dengan Force Touch yang sebelumnya telah diperkenalkan pada produk Apple Watch. Pengguna dapat melakukan sentuhan ringan untuk satu fungsi dan menekan lebih keras untuk fungsi lainnya.

10. iPhone SE (2016)

Pada awal 2016, Apple merilis lini iPhone SE. Produk tersebut menandai debut iPhone tanpa nomor model, setelah Apple pertama kali meluncurkan smartphone pada 2007 silam. Layar iPhone SE kembali mungil, yakni cuma 4 inci. Alasannya, banyak pengguna iPhone yang menginginkannya. Selain 3D Touch, iPhone SE memiliki semua spesifikasi internal yang lebih baik dari iPhone 6s. Secara keseluruhan, iPhone SE diluncurkan sebagai opsi yang lebih terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *