Hal Dasar yang Perlu Diketahui Sebelum Belajar Jaringan

Apakah Anda ingin belajar jaringan komputer? Selain Hal dasar seperti Anda harus mengetahui tentang Topology yang menjadi salah satu inti dari jaringan komputer itu sendiri, yang mana dengan mempelajari topology Anda akan mengetahui bagaimana sebuah komputer saling terhubung dengan komputer lainnya. Ada beberapa hal dasar lainnnya yang perlu Anda ketahui.

Sebenarnya hal dasar yang akan kami beritahukan ini jauh lebih penting untuk dipelajari dalam sebuah jaringan selain topology. Mengapa demikian? Karena tanpa adanya hal dasar ini maka topology jaringan tidak akan terbentuk, dan komputer satu dengan yang lain nya tidak akan saling terhubung. Berikut akan kami beritahukan hal dasar apa saja yang perlu anda ketahui.

Belajar Jaringan komputer

Hal Dasar yang Perlu Anda ketahui Sebelum Belajar Jaringan

1. Media Transmisi

Media transmisi adalah perangkat yang berguna untuk menghubungkan jaringan komputer baik skala kecil (LAN) maupun skala besar (WAN), media transmisi ini sangat penting karena tanpa adanya media transmisi maka mustahil sebuah jaringan bisa tercipta, media transmisi yang ada saat ini yaitu kabel dan nirkabel (wireless). Jenis-jenis kabel yang sering kita gunakan untuk membangun sebuah jaringan yaitu kabel UTP, STP, Coaxial dan Fiber Optic, sedangkan perangkat wireless yang kita gunakan biasa nya berupa radio wireless frequency 2.4Ghz dan frequency 5Ghz lengkap dengan antena grid.

2. Network Interface Card (NIC)

Network Interface Card (NIC) atau biasa di sebut kartu jaringan, adalah interface fisik yang harus ada agar komputer bisa terhubung ke jaringan, selain komputer PC/Laptop perangkat jaringan yang lain seperti HUB, Switch dan Router juga memiliki NIC agar bisa saling terhubung. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan yaitu kecepatan dari interface card tersebut dan jenis port.

  • Kecepatan setiap interface card tentunya berbeda, untuk interface card yang umum orang gunakan di komputer PC biasa nya hanya mempunyai kecepatan 100Mbps, ada juga jenis interface card yang memiliki kecepatan 1000Mbps.
  • Port pada NIC tentunya berbeda – beda tergantung dari jenis kabel yang digunakan, untuk komputer PC/Laptop biasa nya dilengkapi NIC dengan port konektor RJ45, modem ADSL menggunakan port konektor RJ11 ada juga yang menggunakan port konektor BNC untuk kabel jenis coaxial, sedangkan router biasa nya menggunakan konektor RJ45, namun pada beberapa jenis router kelas high end biasanya dilengkapi dengan port SPF untuk konektor Fiber Optic.

Baca juga : Cara Membuat Jaringan LAN Menggunakan Cisco Packet Tracer

3. Network Operating System (NOS)

Network Operating System atau Sistem Operasi Jaringan adalah sebuah sistem operasi yang digunakan untuk menangani service pada jaringan. Biasanya, dalam sebuah network operating system terdapat service atau layanan yang ditujukan untuk melayani request dari user seperti DNS Server, FTP dan lain-lain.

Fungsi dari Network Operating System :

  • Menghubungkan setiap komputer kedalam jaringan agar bisa saling berkomunikasi
  • Menangani service seperti DNS Server, Mail Server
  • Management bandwidth untuk user dalam jaringan
  • Berfungsi sebagai filtering untuk membatasi dan mengelola setiap lalu lintas dalam jaringan

Yang termasuk kedalam Network Operating System yaitu Mikrotik RouterOS, Cisco IOS, Linux (biasa digunakan untuk server) varian Windows NT Server family (Windows Server 2000 & 2003), Windows Client (XP, Vista, Windows 7, 8, 10) Novel NetWare dan lain-lain.

4. Jenis – Jenis Perangkat Jaringan

Perangkat jaringan adalah perangkat (device) yang di gunakan dalam sebuah jaringan seperti HUB, Switch dan Router, ketiga perangkat tersebut bekerja di OSI Layer berbeda sehingga mempunyai kemampuan yang berbeda pula, sedangkan perangkat jaringan lain nya seperti, Wireless Repeater, Access Point, Wireless Router dan Modem, untuk pembahasan masing-masing perangkat jaringan akan kami bahas di artikel berikutnya agar lebih details.

5. Protokol Jaringan

Yang terakhir adalah Protokol Jaringan yaitu rule atau aturan yg di pakai dalam sebuah jaringan untuk mengatur lalu lintas data dan mengatur bagaimana setiap perangkat jaringan saling berkomunikasi satu sama lain. Protokol jaringan yang umum di gunakan yaitu Communication Protocol (protokol komunikasi), Transport Protocol (protokol transport) dan Application Protocol (protokol aplikasi).

Contoh Communication Protocol, Transport Protocol & Application Protocol :

  • IP (Internet Protocol) adalah contoh untuk communication Protocol
  • TCP (Transmission Control Protocol) dan UDP (User Datagram Protokol) adalah contoh transport protocol
  • FTP (File Transfer Protocol), HTTP (Hypertext Transfer Protocol) , HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah contoh Applications protocol

Nah itulah hal dasar yang perlu Anda ketahui untuk mempermudah mempelajari ilmu jaringan komputer kedepannya. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *