5 Fakta Menarik Tentang Perkembangan Dunia Teknologi

Pada jaman modern seperti sekarang ini teknologi sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Ya hampir seluruh kegiatan yang manusia lakukan tidak lepas dari peran teknologi, dari mulai kegiatan yang terkecil seperti hiburan untuk diri sendiri yang melibatkan smartphone hingga kegiatan besar seperti kerjasama antar negara dalam bidang teknologi seperti Indonesia dan jepang yang bekerjasama untuk proyek MRT (Mass Rapid Transit).

Perkembangan dunia teknologi belakangan ini cukup pesat, itulah yang kita ketahui sekarang. Banyak penemuan-penemuan baru tentang teknologi yang lahir dan kita semua tidak tahu sampai kapan hal ini mempunyai batasan. Perlu Anda ketahui bahwa selama perkembangan teknologi ini banyak hal-hal menarik yang terjadi, Anda tidak akan pernah membayangkan hal tersebut jika dibandingkan dengan apa yang Anda rasakan tentang teknologi sekarang. Apa saja sih hal-hal menarik selama dunia teknologi berkembang? simak ulasannya berikut ini.

5 Fakta Menarik Tentang Dunia Teknologi

1. Penampakan komputer pertama

Jika Anda pernah menonton film yang berjudul “The Imitation Game” karya sutradara Morten Tyldum, Anda pasti tahu seberapa rumitnya dan mengejutkannya ‘wujud’ komputer saat pertama kali Alan Turing merakitnya. Ya, sama sekali jauh berbeda dengan komputer yang kita kenal sekarang ini.

Baca juga : Sejarah Penemuan GPS yaitu Teknologi Navigasi Berbasis Satelit

Inilah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), komputer digital elektronik terprogram pertama yang berhasil diciptakan di dunia. ENIAC dikembangkan dan dibangun oleh Angkatan Darat AS untuk Laboratorium Penelitian Persenjataan mereka, yang mana komputer tersebut mulai dibangun pada 17 Mei 1943 sebagai Proyek PX.

2. Wujud mouse pertama di dunia

Mouse komputer pertama kali tercipta pada tahun 1964, orang yang menciptakannya adalah Doug Engelbart dengan menggunakan material kayu, terdiri dari circuit board dan dua roda besi.

Perkembangan atau inovasi dari roda besi ke Rubbul Ball membutuhkan waktu yang cukup lama hingga akhirnya pada saat ini teknologi berkembang menjadi mouse sensor optik yang biasa kita pakai selama ini.

3. Bentuk Ponsel Pertama di Dunia

Sebagai penikmat ponsel modern, apakah Anda tahu bagaimana bentuk ponsel saat pertama kali muncul puluhan tahun yang lalu?

John F. Mitchell dan Martin Cooper dari Motorola mendemonstrasikan ponsel pertama yang ada di dunia pada tahun 1973. Dengan menggunakan gagang telepon seberat 4,4 pon atau sekitar 2 kg. Pada tahun 1983, DynaTAC 8000x menjadi perangkat ponsel pertama yang dijual secara komersial.

4. Tampilan Website pertama di dunia

Pada masa sekarang sudah banyak webiste yang bertebaran di internet, dari mulai yang mempunyai tampilan sederahana hingga tampilan yang sangat keren.

Namun banyak orang yang tidak tahu bagaimana sejarahnya website pertama kali dibuat. Begitupun tampilannya, pasti Anda juga belum pernah melihatnya, bukan?. Nah, alamat situs sekaligus web server pertama di dunia adalah Info.cern.ch, beroperasi di komputer NeXT di CERN. Alamat laman situs sebelum akhirnya mengarah ke proyek www

5. Search engine pertama di dunia

Siapa yang tidak mengenal Google? Perusahaan teknologi nomor satu yang terkenal dengan mesin pencarinya banyak sekali penggunanya di dunia ini, karena bisa memudahkan orang untuk mencari informasi apapun lewat Internet. Tapi apakah Google merupakan search engine pertama di dunia? Jawabannya bukan. Lalu bagaimana tampilan search engine pertama di dunia, sebelum Google lahir?

Keberadaan search engine telah tercipta pada tahun 1990 oleh Alan Emtage yang saat itu masih berstatus mahasiswa di McGill University, Kanada. Pada waktu itu, Alan Emtage membuat search engine bernama “Archie” (diambil dari kata archives). Meski kemampuannya masih terbatas, namun itulah search engine pertama di dunia.

Nah itulah fakta menarik tentang perkembangan dunia teknologi, kira-kira nomor berapakah yang paling menarik menurut anda? Jawab di kolom komentar ya, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *