Daftar 5 Database Terpopuler di Tahun 2020

Database atau biasa kita sebut dengan basis data adalah kumpulan data yang tersimpan secara rapi dan sistematis dalam komputer. Yang mana bisa kita olah dengan menggunakan program aplikasi database sehingga bisa menghasilkan suatu informasi. Data yang tersimpan ada yang berbentuk tabel, skema, objek, view, query dan sejenisnya tergantung tipe datanya.

Program apikasi untuk mengolah data bernama DBMS, aplikasi DBMS ini nantinya akan langsung berinteraksi dengan menyambungkan antara database yang tersimpan dengan pengguna. Dengan DBMS user bisa melakukan berbagai hal seperti melakukan query database, update data, pembuatan data, eksport data serta administrasi database lainnya.

Pada tahun 2020 tepatnya bulan Februari db-engines.com melakukan riset untuk mengetahui database mana yang paling populer/ sering individu/instansi gunakan. Berikut screenshot hasilnya

Database Terpopuler

Pada artikel kali ini yiptechid hanya akan membahas 5 teratas saja dari 10 hasil yang ditampilakan oleh db-engines.com

Database Terpopuler di Tahun 2020

1. Oracle

Database populer pertama yaitu Oracle. Perusahaan yang berasal dari California, Amerika Serikat ini sudah ada sejak tahun 1977 pertama kalinya membuat relational database management system (RDBMS). Nama Oracle ini identik dengan database ukuran besar yang digunakan pada perusahaan atau database yang kompleks.

Database Oracle ini masuk dalam kategori berbayar, tetapi untuk Anda para developer saat membangun database menggunakan Oracle tidak perlu khawatir, karena nanti yang membayar lisensi adalah pihak klien. Tetapi jika Anda menjual sepaket dengan lisensi kepada klien juga bisa tergantung kesepakatan saja.

2. MySQL

Database ini adalah database yang populer digunakan untuk keperluan website mulai dari untuk pemakaian pribadi hingga level perusahaan. MySQL support dengan berbagai bahasa pemrograman sehingga menjadikan banyak digunakan oleh para developer website. Selain itu MySQL juga gratis kita gunakan tidak perlu lisensi untuk menggunakannya.

Perusahaan besar sekelas Facebook, Google, Adobe dan perusahaan besar lainnya menggunakan MySQL untuk keperluan database website mereka. Untuk bahasa pemrograman yang support dengan MySQL seperti C, C#, C++, Delphi, Haskell, Java, JavaScript, Perl, PHP, Phyton,Ruby dan masih banyak lainnya.

3. Microsoft SQL Server

Database populer ke tiga milik Microsoft ini berbayar seperti Oracle. Microsoft tidak hanya terkenal dari sistem operasinya saja, tetapi Microsoft juga memiliki Microsoft SQL Server untuk urusan database.

Microsoft SQL Server ini adalah database ralasional yang bersifat komersial, tidak seperti Ms Access yang digunakan hanya sebatas computer desktop saja, SQL Server ini bisa digunakan untuk Windows Server yang memiliki fitur untuk pengelolaan database dan fitur server lainnya.

4. PostgreSQL

Database yang keempat adalah PostgreSQL atau bisa kita sebut juga Postgres. Database ini memiliki fungsi yang mirip dengan Microsof SQL Server, yaitu database ralasional yang bisa kita gunakan untuk simpan dan mengembalikan data dengan aman.

PostgreSQL ini banyak kita temui pada perangkat macOS, karena ini sudah menjadi standart bahwa semua perangkat dengan sistem operasi MacOS menggunakan PostgreSQL. Tetapi Anda PostgreSQL bisa Anda temui pada perangkat Windows maupun distro Linux lainnya.

5. MongoDB

MongoDB adalah database dengan konsep noSQL. Database noSQL adalah database yang tidak menggunaan relasi tabel seperti SQL dan tidak menyimpan data dalam bentuk dinamis seperti relational database. Dalam penyimpanan database, MongoDB menggunakan suatu dokumen yang strukturnya mirip dengan JSON.

MongoDB memiliki fitur automatic scaling, high performance dan high availability. Dalam melakukan operasi, MongoDB menggunakan Javascript untuk melakukan proses CRUD, agregasi, indexing dan operasi database yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *