Cara Mudah Mengganti Hostname di Linux Ubuntu

Hostname secara general adalah nama komputer. Pemberian nama ini spesifik, untuk satu komputer tertentu saja dalam suatu jaringan. Karena sifatnya yang unik, maka dalam satu jaringan tidak boleh ada 2 atau lebih hostname yang sama. Jika terjadi penamaan yang sama, maka sistem akan memberitahukan bahwa telah terjadi duplikasi nama. Tapi jika komputer tidak saling terkoneksi ke jaringan memberikan nama komputer yang sama tidak masalah.

Apa itu HOSTNAME di Linux?

Hostname di Linux adalah nama yang diberikan untuk sebuah komputer dalam suatu jaringan. Pada dasarnya hostname hanyalah nama komputer, yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dalam jaringan. Hostname juga ditampilkan dalam terminal.

Cara Mengganti Hostname di Linux

Seperti yang Anda lihat di atas, username-nya adalah geek, sedangkan hostname-nya adalah Latitude-E6220.

Catatan: Anda dapat mengubah hostname Anda sesuai yang Anda inginkan, tetapi Anda sebaiknya tidak menggunakan hostname yang sama pada dua komputer yang berbeda dalam suatu jaringan, karena hal ini dapat menyebabkan masalah.

Jika anda tidak tahu cara mengganti Hostname pada sistem operasi Linux Ubuntu, anda bisa menyimak langkah-langkah yang dibuat oleh pintarkomputer dibawah ini. terdapat dua cara yaitu dengan menggunakan GUI dan Command Line.

Baca juga : Cara Mengetahui Versi OS Linux Menggunakan Command Line

Mengubah Hostname Menggunakan GUI

Untuk mengubah hostname menggunkan GUI, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membukan System Settings. Setelah itu pilih Details.

Anda akan melihat kolom untuk mengubah nama device. Ubah Device Name.

Ketika Anda mengecek hostname di terminal maka sudah berubah.

Mengubah Hostname Menggunakan Terminal

Jika Anda ingin mengubah hostaname menggunakan terminal, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

sudo nano /etc/hostname

Buka terminal. Untuk mengubah hostname Anda, Anda akan perlu untuk mengedit file /etc/hostname Anda, yang mana Ubuntu, Mint dan distribusi berbasis Debian lainnya menyimpan nama host di sini.

Ubah sesuai dengan keinginan Anda. Untuk melihat perubahan Anda perlu me-restart komputer.

Itulah cara mudah mengganti Hostname di Linux Ubuntu, Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *