Cara Merubah Foto Menjadi Vector Dengan Corel Draw – Part 1

Pernahkah anda melihat foto seseorang dengan versi kartunnya? ya di internet banyak sekali bertebaran foto-foto seseorang yang menyerupai kartun, hal itu yang biasa kita kenal dengan istilah vector.

Gambar vektor adalah gambar yang terbentuk dari bebrapa garis atau kurva yang tidak terpengaruhi oleh piksel sehingga saat di lakukan pembesaran atau zooming gambar vektor tidak akan mengalami pecah atau yang sering kita lihat kotak-kotak.

Setelah anda mengerti tentang definisi vector dan anda ingin mencoba membuatnya dengan foto anda sendiri, berikut ini yiptechid akan membagikan tutorialnya dari salah satu web jasa vector di Indonesia.

Cara Merubah Foto Menjadi Vector Menggunakan Corel Draw

  • Buka CorelDraw anda, Lalu pilih File – New atau menggunakan shortcut Ctrl N
  • Maka akan muncul jendela Create a New Document, pada jendela ini anda diminta menentukan Nama File,Ukuran Lembar Kerja,Mode Warna, dan Resolusi Render. Untuk nama file, ukuran lembar kerja , anda bebas memilihnya. Tapi perlu anda perhatikan pemilihan mode warna, untuk yang hanya ingin hasilnya anda unggah ke media sosial atau blog gunakan mode warna RGB. Sedangakan untuk sahabat yang ingin mencetak hasil karya sobat dalam bentuk hardfile (sablon kaos, kertas foto , dsb) gunakan mode warna CMYK. Lalu klik Ok
  • Minimize CorelDraw anda, untuk memilih foto yang akan anda jadikan vektor kartun. Klik dan tahan foto yang anda pilih lalu seret ke CorelDraw. Untuk membuat foto berada di tengah lembar kerja tekan P (Catatan : Untuk anda yang baru belajar, kami sarankan menggunakan foto close up hadap depan yang High Definition).
  • Langkah selanjutnya optional, anda boleh menerapkannya atau tidak. Konversi foto menjadi Bitmap, langkahnya adalah klik pada foto lalu klik menu Bitmaps – Convert to Bitmap maka akan muncul jendela Convert to Bitmap. Masukan setingan seperti gambar di bawah. Tujuan langkah ini agar foto tidak terlalu pecah/kotak-kotak saat anda melakukan zoom dan memperingan tugas PC sahabat.
  • Sekarang kita akan memasuki tahap Tracing atau bahasa gampangnya menjiplak. Untuk tracing ada bebrapa tool yang bisa sobat gunakan antara lain :Pen Tool , Bezier Tool , dan 3 Point Curve Tool. Kami menggunakan 3 Point Curve Tool, cara menggunakan tool ini sebagai berikut :
  • Klik kemudian Drag sampai titik tertentu lalu, lepas klik dan arahkan mouse/touchpad sahabat ke kanan,kiri,atas,bawah untuk membuat garis lengkung, klik lagi untuk mengakhiri.
  • Agar gambar tidak tergeser kemana-mana jika kita salah menggeser, klik kana pada gambar – Lock Object
  • Kita mulai tracing pada bagian kerudung :
  • Seleksi hasil tracing kerudung tadi dengan cara arahkan kursor pada ruang kosong. Kemudian klik lalu drag hingga kedua object (Kerudung Bagian Luar dan Batas Kerudung dengan muka) terseleksi,akan muncul menu di tool bar seperti gambar 1.11 di bawah. Pilih Trim untuk memotong Object bagian luar ( hasil tracing jilbab) dengan object bagian dalam ( batas muka), untuk lebih jelas. Setelah anda Trim anda bisa memindahkan object dalam namun jangan anda hapus terlebih dahulu. Object dalam ini bisa anda jadikan dasar untuk tracing wajah.
  • Sekarang kita akan menambah sedikit detail pada Object Kerudung di atas. Caranya dengan men-tracing lipatan-lipatan kerudung dan beri warana gelap.
  • Untuk mempermudah pewarnaan sahabat bisa menggabungkan object-object lipatan kerudung menjadi satu dengan menggunakan Weld Tool. Caranya tekan dan tahan Shift, lalu klik object-object yang ingin sahabat gabungkan, akhiri dengan klik Weld
Cara Merubah Foto Menjadi Vector
  • Tambahan untuk anda jika ada object lipatan kerudung yang melebihi object luar (garis kerudung) sahabat tak perlu menghapusnya. Sahabat bisa menggunakan Intersect Tool. Caranya klik object luar (hasil tarcing kerudung) lalu tekan dan tahan tombol Shift klik object yang hendak sahabat potong kemudian pilih Intersect Tool. Pilih lagi object yang ingin dipotong lalu hapus dengan tekan Delete.
  • Tambahkan detail lagi pada kerudung dengan membuat shape disekitar lipatan yang sudah sahabat buat tadi, seperti ini kira-kira :
  • Kemudian warnai dasar kerudung dengan warna yang lebih terang dari warna shape yang sudah anda buat tadi. Untuk lebih mudah gunakan Color Eyedropper Tool untuk mengambil warna dari shape tadi kemudian isikan warna ke shape dasar kerudung. Caranya klik tool CET (Color Eyedropper Tool) arahkan pada shape detail kerudung. Klik kemudian arahkan pada shape dasar kerudung, klik lagi untuk mewarnai..

Nantinya akan menjadi seperti ini

  • Untuk menerangkan warnanya, klik shape kerudung lalu tekan Shift dan F11 secara bersamaan, atau klik dua kali kotak pada sebelah ikon Fill di pojok kanan bawah Coreldraw sahabat.
  • Di jendela Uniform Fill pindah ke kolom Models kemudian naikan kotak kecil yang ada di dalam kotak diagram warna untuk memperoleh warna lebih terang setelah itu klik OK.

Berikut hasilnya :

pada artikel kali ini cukup sampai pada bagian kerudung, untuk bagian yang lainnya akan dibahas di artikel selanjutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *