Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Menggunakan Command Prompt

Saat ini koneksi internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebuah perusahaan, perbankan, bahkan sekolah. Namun banyaknya penggunaan internet di institusi tersebut tentunya akan membebani server, sehingga membuat kecepatan internet yang digunakan menjadi lambat.

Metode yang akan kami jelaskan dalam artikel ini akan membantu memberikan solusi untuk masalah kecepatan koneksi internet. Metode ini dapat Anda terapkan di Windows 7, 8, dan 8.1 yang mana caranya cukup sederhana yaitu dengan menggunakan perintah pada command prompt saja.

Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Menggunakan Command Prompt

1. Pertama kita perlu membuka command prompt terlebih dahulu.

Untuk itu di Windows klik Start dan ketik “cmd” di bagian Search Programs and Files, kemudian klik kanan pada icon cmd, dan pilih Run as Administrator. Setelah itu kita melihat jendela command prompt, dan pada command prompt kita arahkan ke direktori root yaitu C: \ cukup dengan mengetikkan “cd C: \“.

Cara Meningkatkan Kecepatan Internet

2. Periksa kecepatan internet menggunakan perintah “ping” ke Default Gateway.

Langkah pertama untuk meningkatkan kecepatan internet, kita perlu mengetahui kecepatan internet yang sedang kita gunakan. Untuk itu kita perlu mengetahui IP address dari default gateway pada jaringan tersebut, karena nanti kita akan menggunakan IP address tersebut untuk mengetahui kecepatan apa yang digunakannya.

Untuk menemukan IP gateway default, ketik perintah ipconfig / all pada prompt perintah. Tuliskan alamat IP default gateway.

Kemudian jalankan perintah “ping” lalu ikuti dengan -t lalu alamat IP gateway default, ping -t.

Dengan melakukan ini, kita akan melihat periode waktu penerimaan paket data dan semakin sedikit jangka waktu, semakin cepat koneksi internet. Jadi target kami adalah meminimalkan jangka waktu tersebut.

Baca juga : 5 Fakta Menarik Tentang Perkembangan Dunia Teknologi

3. Melepaskan alamat IP yang telah dialokasikan.

Ketika sebuah perangkat terkoneksi ke internet maka ada alamat IP yang teralokasi untuk perangkat itu. Biasanya kecepatan akan dibatasi pada IP yang sudah digunakan. Maka dari itu kita perlu menggunakan alamat IP baru dengan menggunakan perintah sebagai berikut:

ipconfig /renew

4. Menghapus DNS

Hampir kebanyakan sistem operasi dan DNS secara otomatis melakukan penyimpanan terhadap alamat IP dan hasil dari penelusuran DNS. Hal ini kita lakukan untuk mempercepat pemanggilan terhadap hostname yang sama. Terkadang hasil yang kurang bagus pun akan tersimpan, maka dari itu kita perlu membersihkan hasil penyimpanan tersebut agar terjalin komunikasi yang baik dengan server yang kita tuju. Apabila kita tidak membersihkan hasil penyimpanan dari DNS ini, maka koneksi internet kita akan menjadi lambat. Untuk membersihkannya, pada command prompt ketik ipconfig/flushdns.

5. Menggunakan perintah Netsh

Ada dua perintah yang perlu Anda jalankan untuk meningkatkan kecepatan internet.

Pertama, “netsh interface tcp set global autotuning=disable“

Kedua, “netsh interface tcp set heuristics disabled”

Setelah menjalankan dua perintah ini, periksa kembali koneksi ke gateway default menggunakan perintah ‘ping’ di atas. Jika semua perintah telah Anda jalankan sesuai urutan langkah-langkahnya, maka perubahan kecepatan internet akan segera terlihat, yang tercermin dalam jangka waktu tertentu.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *