Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Flashdisk Dan Laptop

Cara Menghilangkan Virus Shortcut – Virus shortcut biasanya ditandai dengan berubahnya file tertentu menjadi file shortcut dimana ciri dari virus ini yaitu adanya folder autorun.inf, file shortcut dan terkadang juga terdapat file thumbs.db.

Jika flashdisk Anda terdapat perubahan seperti ini berarti flashdisk Anda terkena firus shortcut. Tapi tenang saja Virus ini sebenarnya tidak membahayakan, tetapi jika kemunculan itu terjadi berulang kali.

Hal itu tentu saja akan menjadi sangat mengganggu. Jika Anda ingin menghapus atau membersihkan virus jenis ini pada flashdisk dan laptop, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Flash Disk

  • Colokan flashdisk Anda ke Komputer, setelah itu klik flash disk – Organize (untuk Windows 7, Windows 8). Jika Anda menggunakan Windows 10, klik flash disk – View – Options.
  • Kemudian setelah itu teradapat jendela baru yang muncul pada layar PC Anda. Pada jendela tersebut, klik lalu aktifkan Show hidden files, folder dan drives. Setelah itu hilangkan ceklis pada Hide Extention for know file types dan Hide protected operating system files (Recommended).
  • Selanjutnya jika muncul pesan peringatan seperti gambar berikut, klik saja tombol yes

Setelah langkah di atas sudah Anda lakukan, folder yang tadinya tersembunyi semestinya sudah terlihat semua.

  • Sekarang, Anda jalankan fungsi command prompt. Ketik cmd pada kolom Cortana, kemudian jalankan command prompt sebagai administrator.
  • Anda harus memperhatikan dulu di Explorer, di drive mana flash disk Anda berada, apakah di F, E, C atau G. Pastikan pengamatan Anda akurat, sebab jika salah bisa berakibat fatal. Drive C biasanya untuk sistem, dan disk biasanya F atau G.
  • Anggap saja di F, maka di fungsi command prompt, Anda ketikan F: lalu tekan enter.
  • Selanjutnya, Anda ketikkan perintah: del *.lnk s/ d/ kemudian tekan enter. Apabila masih gagal, cobalah perintah del *.lnk dan tekan enter.
Cara Menghilangkan Virus Shortcut
  • Masih berada pada command prompt, sekarang ketikkan perintah: attrib -s -h -r -a . /s /d. Apaibla muncul pesan error coba hanya /d saja atau /s saja.
  • Sekarang, kembali ke Windows Explorer pada langkah pertama tadi, beri tanda centang kembali di opsi Hide extentions for known file types dan kemudian Hide protected operating system files (Recomended).

Baca juga : Inilah Beberapa Penyebab Laptop Mati Sendiri

Cara Menghilangkan Virus Shortcut di Laptop

Selain menyerang flash disk, jenis virus shortcut juga sering menyerang laptop atau PC. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa menghilangkan virus shortcut yang menyerang laptop. Hanya saja, prosedur yang dilakukannya sangat berbeda.

Cara yang Pertama

  • Anda perlu mengetikkan msconfig di kolom Cortana, setelah itu klik System configuration yang muncul pada hasil pencarian.
  • Kemudian klik menu tab Startup – Open Task Manager.
  • Pada menu tab Startup, cari dan pilih lah nkvasyoxww.vbs lalu klik kanan dan klik menu Disable.

Cara yang Kedua

Anda harus mengetikan %temp% di kolom pencarian Cortana, kemudian klik folder %temp% yang muncul di list.

  • Setelah jendela folder muncul, Anda harus mencari berkas nkvasyoxww.vbs kemudian hapus file tersebut.

Nah itulah cara menghilangkan virus shortcut, untuk dua cara di atas terbilang ampuh untuk menghilangkan virus shorcut yang menyerang flash disk dan laptop. Tetapi, jika masalah yang sama terus berulang kembali, maka cara terakhir adalah menggunakan aplikasi anti virus yang paling reliable. Hampir semua anti virus mampu melakukan tugas ini dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *