Cara Mengetahui Perangkat Yang Sedang Terhubung Ke Wifi

Di jaman serba digital sekarang ini, penggunaan internet telah berubah menjadi kebutuhan primer bagi setiap manusia. Untuk mendapatkan suatu koneksi ke jaringan Internet sendiri salah satunya yaitu melalui jaringan wifi.

Menurut wikipedia sendiri Wifi adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi.

Banyak kegiatan yang kita lakukan di internet mulai dari mengakses social media, chatting via instant messaging, video streaming, online gaming maupun untuk kebutuhan kerja.

Wifi dipilih karena selain mampu menyajikan koneksi yang cepat, juga karena mengakses internet via wifi sangat praktis, terlebih jika user tersebut memiliki mobilitas yang tinggi.

Setiap orang yang menggunakan wifi pasti sangat mendambakan suatu koneksi yang cepat dan setabil, terlebih jika kita memakainya untuk mendownload suatu file yang besar. Wifi yang setabil akan mudah menyelesaikan proses download yang cepat juga.

Namun pernahkah Anda memakai Wifi tetapi wifi yang Anda gunakan sangatlah lambat?. Hal tersebut bisa terjadi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu karena terlalu banyak user yang terkoneksi ke jaringan wifi kita dalam waktu bersamaan.

Untuk itu kita perlu memeriksa siapa saja user yang sedang terkoneksi ke wifi yang sedang kita gunakan. Berikut Yiptechid akan membagikan caranya untuk Anda.

Cara Mengetahui Perangkat Yang Sedang Terhubung Ke Wifi

Kita bisa memantau siapa saja yang sedang terkoneksi ke jaringan wifi hanya dengan mengeceknya langsung di modem / router gateway menggunakan web browser. Sebagai contoh berikut ini saya pakai modem ONT Huawei HG8245H yang saya dapatkan selama berlangganan Indihome.

Caranya buka web browser, lalu ketik alamat IP 192.168.100.1 di URL bar browser. Jika alamat IP tersebut tidak bisa kita akses, kemungkinan IP Gateway di modem / router Anda sudah berubah. Silahkan cek dengan perintah ipconfig melalui command prompt CMD atau terminal linux.

Setelah berhasil login ke halaman konfigurasi modem, sekarang klik menu Status -> User Device Information. Di halaman ini kita bisa melihat hostname dari device yang terkoneksi, IP address, MAC address, dan juga status device tersebut apakah sedang online atau offline.

Baca juga : Cara Setting Router TP-Link di Modem Biznet

Sebagai contoh berikut ini saya menemukan satu device yang tidak saya kenali (karena tidak ada hostname-nya) dengan alamat IP 192.168.100.95. Selanjutnya device tersebut akan saya blokir dengan MAC filtering, caranya langsung saja klik tombol Network Application seperti yang saya tandai.

Dengan mengklik tombol Network Application di atas, kita akan di arahkan ke halaman seperti gambar di bawah. Di halaman ini kita bisa menerapkan policy (aturan) yang bisa kita terapkan untuk host tersebut.

Karena saya tidak mengenali device tersebut dan akan saya blokir MAC addressnya agar tidak bisa terkoneksi. Klik saja tombol MAC Filter.

Kemudian kita akan di arahkan ke halaman WLAN MAC Filter Configuration. Klik tombol Apply untuk menyimpan konfigurasi agar MAC address device tidak kita kenal tadi bisa kita blokir.

Meskipun sudah klik tombol Apply, tapi device tidak kita kenal tadi masih bisa konek ke wifi, ini karena MAC Filter belum terenable atau belum kita aktifkan. Jadi ya harus kita aktifkan dulu dengan menceklis checkbox Enable WLAN MAC Filter.

Jika sudah diceklis, hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Sampai tahap ini kita sudah berhasil memblokir device tidak kita kenal tadi menggunakan fitur MAC address filtering yang ada pada halaman konfigurasi modem. Dengan begitu maka secara otomatis device tersebut akan langsung disconnect (terputus) dari wifi dan tidak akan bisa konek lagi.

Demikian tutorial Cara Mengetahui Perangkat Yang Terhubung ke Wifi pada modem ONT Huawei. Langkah-langkah tersebut sangat penting guna menjaga stabilitas jaringan wifi agar tidak sembarang orang bisa seenaknya saja memakai wifi kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *