Cara Mengaktifkan Server FTP Di XAMPP

Jika kalian gemar kegiatan programming, kalian pasti akan membuat localhost terlebih dahulu untuk proses development website kalian, sebelum website kalian siap dan launching di internet

Disini saya menggunakan xampp untuk localhostnya, dan untuk kegiatan management file seperti: mengedit, menambah ataupun menghapus file-file yang ada didalamnya saya biasa menggunakan filezila, meskipun cara tersebut bisa digunakan dengan cara manual yaitu dengan langsung masuk ke folder explorer pada windows. Namun cara management file menggunakan filzila akan sangat menarik, yaitu dengan memanfaatkan server FTP pada XAMPP. Anggap saja ini sebagai latihan jika suatu saat kalian berencana untuk meng-upload website kalian ke internet. Karena saat website kalian sudah berada di server hosting, dan live di internet. Maka FTP akan sering kalian gunakan untuk manajemen file dan sangat meringankan pekerjaan kalian.

Dalam XAMPP sudah termasuk pula versi server dari FileZilla, sebuah solusi FTP yang paling sering saya gunakan. Dengan mengaktifkan server FTP di XAMPP dan menggunakan FTP Client FileZilla untuk memanajemen file, kalian dapat mensimulasikan bagaimana cara bekerja dengan server hosting yang sesungguhnya.

Untuk menjadikan komputer kalian bertindak sebagai server FTP, ada beberapa hal yang harus kalian persiapkan.

  1. Setting Server FTP FileZilla
  2. Transfer File Ke Server XAMPP
  3. Percobaan Server FTP Di XAMPP

1. Setting Server FTP FileZilla

Karena komputer kalian/ server akan berfungsi sebagai penerima file, maka program server FTP FileZilla harus kalian aktifkan lebih dahulu.

  • Nyalakan / start service server FileZilla di Control Panel XAMPP.
  • Jalankan program administrasi FileZilla dengan cara klik tombol “Admin” di control panel XAMPP.
Cara Mengaktifkan Server FTP Di XAMPP
  • Akan muncul kotak dialog “Connect to Server”, tidak perlu mengganti apa pun di sini, langsung klik “OK” saja.

Halaman server FileZilla akan muncul seperti gambar dibawah ini:

  • Sekarang kalian perlu membuat paling tidak 1 account FTP. Klik menu Edit – Users (1). Akan muncul halaman user management.
Cara Mengaktifkan Server FTP Di XAMPP
  • Klik tombol “Add” (2) untuk membuat account FTP baru. Masukkan nama untuk user tersebut (3).
  • Klik dan centang field “Password”, dan masukkan password untuk user baru tersebut.
  • Kemudian kalian perlu mengatur folder mana yang bisa diakses oleh user ini. Klik menu “Shared folder” di sebelah kiri halaman.
  • Klik tombol “Add” dan pilih folder htdocs di dalam folder instalasi XAMPP. Ini berfungsi sebagai home directory untuk user tersebut.
  • Beri akses penuh kepada user dengan cara klik semua pilihan yang ada di sebelah kanan.
  • Klik “OK” untuk menyimpan pekerjaan.

Baca juga : Cara Mengetahui Perangkat Yang Sedang Terhubung Ke Wifi

2. Transfer File Ke Server XAMPP

Proses pembuatan user FTP telah selesai. Sekarang kalian dapat melakukan koneksi FTP ke server untuk mentransfer file website kalian. Berikut langkahnya:

  • Buka program FTP client kalian, dan masukkan kredential koneksi seperti ini. Saya biasa menggunakan FileZilla.
  • Jika kalian melakukan koneksi dari 1 perangkat (pada komputer yang terinstal XAMPP), gunakan “127.0.0.1” di field host address.
  • Tapi jika kalian melakukan koneksi dari komputer lain, gunakan network hostname atau alamat IP komputer yang terinstal server XAMPP.
  • Gunakan “21” di field port atau biarkan kosong saja.
  • Masukkan username dan password yang sudah kalian buat di langkah sebelumnya tadi. Klik Quickconnect, FTP client kalian akan sukses melakukan koneksi ke server dan berada di folder C:\xampp\htdocs, yang mana adalah default lokasi untuk root website kalian.

Kalian bisa melakukan transfer file kalian ke server atau sebaliknya dengan cara drag and drop. Sebelah kiri adalah komputer kalian, sedangkan sebelah kanan adalah komputer server. Atau kalian dapat menggunakan klik kanan pada file/folder dan memilih upload/download. Familiarkan diri kalian dengan prosedur ini.

3. Percobaan Server FTP Di XAMPP

Mari kita test server FTP di XAMPP yang telah dibuat. Misal kalian ingin upload sebuah script PHP sederhana yang menampilkan tanggal dan hari saat ini ke server XAMPP kalian. Berikut kodenya:

<!-- hari.php -->
<html>
 <head></head>
 <body>
   <h2><?php echo "Ahoy, Captain. Today is " . date("l, j F Y"); ?>.</h2>
 </body>
</html>
  • Simpan file dengan nama hari.php
  • Kemudian upload ke server di folder C:\xampp\htdocs\
  • Ketika file kalian sudah berhasil di transfer ke server, kalian akan bisa melihatnya langsung di browser kalian dengan alamat http://localhost/hari.php

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *