Cara Mematikan Paksa Program yang ‘Not Responding’ di Linux

Mematikan Program Not Responding di Linux – Pernahkah anda menjumpai salah satu aplikasi di komputer anda ‘Not Responding’ atau yang kita kenal dengan nge-hang?. Terkadang aplikasi yang nge-hang membuat kita merasakan kekecewaan terlebih lagi ketika kita sedang ditengah pengerjaan project.

Jika anda yang mengetahui cara mematikan paksa di Sistem Operasi Windows, kali ini yiptechid akan membagikan cara tersebut jika anda menggunakan Sistem Operasi Linux. Simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara Mematikan Paksa Program yang ‘Not Responding’ di Linux

Dari Desktop Grafis

Desktop Linux modern menangani hal ini dengan cukup baik, dan secara mengejutkan bisa otomatis. Jika aplikasi tidak merespons, desktop dengan manajer compositiong sering kali akan menghitamkan seluruh jendela agar tidak merespons.

Klik tombol X pada titlebar jendela dan manajer jendela akan sering memberi tahu Anda bahwa jendela tidak merespons. Anda dapat memberikan waktu untuk menanggapi atau mengklik opsi seperti “Force Quit” untuk menutup aplikasi secara tepat.

Di Linux, manajer jendela yang melukis batang judul terpisah dari aplikasi itu sendiri, sehingga biasanya merespons bahkan jika jendela tidak mau. Beberapa jendela melukis antarmuka mereka sendiri, jadi ini mungkin tidak selalu berfungsi.

Mematikan Program Not Responding di Linux

Aplikasi “xkill” dapat membantu Anda dengan cepat mematikan jendela grafis apa pun di desktop Anda. Tergantung pada lingkungan desktop Anda dan konfigurasinya, Anda mungkin dapat mengaktifkan pintasan ini dengan menekan Ctrl + Alt + Esc. Anda juga bisa menjalankan perintah xkill – Anda bisa membuka jendela Terminal, ketik xkill tanpa tanda kutip, dan tekan Enter. Atau, Anda dapat menekan pintas seperti Alt + F2, yang membuka dialog “Perintah Jalankan” pada desktop Unity Ubuntu dan banyak lainnya. Mengetik xkill ke dalam dialog dan tekan Enter.

Kursor Anda akan berubah menjadi X. Klik jendela dan utilitas xkill akan menentukan proses apa yang terkait dengan jendela itu, dan kemudian segera bunuh proses itu. Jendela akan langsung menghilang dan menutup.

Desktop Linux Anda mungkin memiliki alat yang bekerja mirip dengan Task Manager di Windows juga. Pada desktop Unity Ubuntu, GNOME, dan desktop berbasis GNOME lainnya, ini adalah utilitas System Monitor. Buka utilitas System Monitor untuk melihat daftar proses yang berjalan – termasuk yang latar belakang. Anda juga dapat secara paksa membunuh proses dari sini.

Dari Terminal

Katakanlah Anda ingin melakukan ini semua dari terminal saja. Kami mencakup banyak utilitas yang dapat Anda gunakan untuk ini ketika kami melihat perintah untuk mengelola proses di Linux.

Katakanlah Firefox berjalan di latar belakang dan kami ingin membunuhnya dari terminal. Perintah kill standar mengambil nomor ID proses, jadi Anda harus menemukannya terlebih dahulu.

Misalnya, Anda dapat menjalankan perintah seperti:

ps aux | grep firefox

Yang akan mencantumkan semua proses dan daftar pipa ke perintah grep, yang akan memfilternya dan hanya mencetak baris yang berisi Firefox. (Baris kedua yang akan Anda lihat adalah proses grep itu sendiri.) Anda juga bisa mendapatkan ID proses dari perintah teratas dan banyak tempat lainnya.

Ambil nomor ID proses dari proses Firefox – hanya di sebelah kanan nama pengguna – dan berikan ke perintah kill. Artinya, jalankan perintah seperti ini:

kill ####

Jika proses berjalan sebagai pengguna lain, Anda harus menjadi pengguna root terlebih dahulu – atau setidaknya jalankan perintah kill dengan perintah sudo, seperti:

sudo kill ####

Itu metode dasar, tapi itu bukan yang tercepat. Perintah pgrep dan pkill membantu merampingkan ini. Misalnya, jalankan “pgrep firefox” untuk melihat ID proses dari proses Firefox yang berjalan. Anda kemudian dapat memberi makan nomor tersebut ke perintah kill.

Baca juga : Cara Mudah Mengganti Hostname di Linux Ubuntu

Atau, lewati semua itu dan jalankan “pkill firefox” untuk mematikan proses Firefox tanpa mengetahui nomornya. pkill melakukan beberapa pencocokan pola dasar – itu akan mencoba untuk menemukan proses dengan nama yang mengandung firefox.

Perintah killall itu seperti pkill, tapi sedikit lebih tepat. Itu akan membunuh semua proses yang berjalan dengan nama tertentu. Jadi menjalankan “killall firefox” akan mematikan semua proses yang berjalan bernama “firefox,” tetapi tidak ada proses yang hanya memiliki firefox di nama mereka.

Ini jauh dari satu-satunya perintah yang disertakan di Linux untuk mengelola proses. Jika Anda menggunakan beberapa jenis perangkat lunak administrasi server, itu mungkin juga memiliki cara yang bermanfaat untuk membunuh dan memulai kembali proses.

Layanan sistem bekerja berbeda dari proses – Anda harus menggunakan perintah khusus untuk menurunkan, memulai kembali, atau membuka layanan. Perintah-perintah khusus tersebut dapat berbeda pada distribusi Linux yang berbeda.

Itulah langkah-langkah cara mematikan paksa program yang ‘Not Responding’ di Linux yang di tulis oleh situs koubou

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *