Cara Backup Driver di Windows 10 Menggunakan CMD

Driver pada komputer memiliki peranan penting yaitu bertugas mengontrol setiap perangkat keras yang terpasang di komputer, agar setiap perangkat keras yang terpasang bisa berinteraksi dengan Sistem Operasi, aplikasi dan berinteraksi dengan perangkat lainnya.

Apapun sistem operasi yang dipakai tanpa adanya driver maka komputer tidak akan bisa mengoperasikan hardware yang terintegrasi dengannya. Walaupun bisa, pastinya tidak akan bekerja secara maksimal.

Namun masalah yang sering dihadapi oleh user justru keberadaan driver itu sendiri. Adapun masalahnya seperti lupa menyimpan master driver, tidak tersedianya driver pada situs vendor hardware yang bersangkutan ataupun kendala non teknis lainnya.

Mengingat sangat pentingnya keberadaan driver ini, maka dari itu kami sarankan sebaiknya lakukan backup driver pada komputer Anda. Untuk yang belum tahu bahwasanya cara membackup driver ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan command prompt.

Nah pada artikel kali ini kami menggunakan sistem operasi windows 10. Jadi nantinya ketika Anda kehilangan master driver dan Anda ingin menginstal ulang driver tersebut, Anda tidak perlu lagi menginstal dari awal semua driver tersebut, cukup export dari file backup-an yang sudah ada saja.

Jika Anda ingin mencobanya Anda harus menginstall terlebih dahulu sistem operasi Windows 10 di komputer Anda. Jika Anda tidak memilikinya Anda bisa mendownload nya di sini Download Windows 10

Cara Backup Driver di Windows 10 Menggunakan CMD

Pada panduan ini, kita akan memanfaatkan fitur DISM yang bisa kita gunakan melalui Command prompt. Baik, sebelumnya kita buka dulu command prompt as Administrator. Setelah terbuka, ketikkan perintah di bawah ini:

DISM /Online /Export-Driver /Destination:F:\Driver

Baca juga : Cara Instalasi Windows 10

Jangan lupa untuk mengubah “F:\Driver” menjadi folder destination atau folder tujuan yang akan menjadi tempat penyimpanan file backup ini. Pastikan juga folder yang menjadi destination-nya sudah tersedia, jika belum, nanti akan terdapat pesan error. Jika sudah oke semuanya, tekan saja tombol enter dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Cara Backup Driver

Setelah mendapat pesan complete successfully, berarti driver telah berhasil di-backup. Anda bisa cek di folder destination yang Anda tentukan sebelumnya.

Bagaimana cara me-restore file backup driver tersebut?

Mudah saja, setelah Anda instal ulang laptop/komputer Anda seperti biasa, buka command promt as administrator, lalu ketikkan perintah berikut:

DISM /Online /Add-Driver /Driver:F:\Driver /Recurse

Pastikan lokasi / path direktorinya sudah benar sesuai dengan yang Anda buat. Trik ini tidak hanya berlaku pada windows 10, Anda juga bisa menggunakannya pada windows 8 dan 8.1 . Kira-kira seperti itulah cara backup driver di windows 10, tidak menggunakan software tambahan cukup melalui satu baris perinta di Command promt. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *