Bisnis Digital Yang Bisa Anda Manfaatkan di Era Pandemi

Di era pandemi sekarang ini banyak perekonomian negara di seluruh dunia yang hancur tak terkecuali di Indonesia. Akibat dari hancurnya perekonomian banyak warga yang kehilangan pekerjaannya. Sebagai orang yang berfikir kreatif, memanfaatkan teknologi untuk mencari uang adalah hal yang harus dikerjakan. Jadi Anda harus bisa memanfaatkan teknologi untuk keperluan bisnis yang Anda kerjakan nantinya.

Mendirikan bisnis di era digital seperti saat ini memang memiliki tantangan sendiri. Tapi, jika Anda bisa memulai bisnis dengan benar, berbagai proses selanjutnya tentu akan menjadi lebih mudah. Lantas, bagaimana cara melakukannya? Semuanya akan berawal dari ide. Jika Anda mampu menemukan ide bisnis digital yang memiliki peluang bagus dan mendirikannya dengan cara yang baik, maka bukan hal yang tidak mungkin Anda bisa mencapai hasil sempurna.

Lantas apa saja yang bisa Anda manfaatkan dari teknologi untuk berbisnis? Jangan khawatir bagi Anda yang belum tahu dan masih bingung yiptechid akan membagikannya untuk Anda.

Bisnis Digital Yang Bisa Anda Manfaatkan di Era Pandemi

1. Bisnis Digital Afiliasi

Afiliasi Marketing pada dasarnya merupakan bisnis dimana Anda hanya perlu memasarkan produk miliki orang lain, bisa produk miliki perorangan atau produk milik perusahaan. Afiliasi Marketing menggunakan sistem komisi untuk para penjualnya. Jadi biasanya para penggiat bisnis ini akan membuat kesepakatan mengenai harga jual barang dan juga komisi yang akan di dapatkan oleh penjual ketika barang tersebut laku terjual.

Caranya adalah Anda bisa mendaftarkan diri Anda pada suatu program afiliasi seperti pada program afiliasi niagahoster. Lalu Anda akan mendapatkan suatu kode referral atau link tertentu. Kemudian Anda bisa melakukan kegiatan pemasaran produk dengan memanfaatkan website ataupun sosial media. Jika ada pembeli yang menggunakan kode yang Anda berikan ataupun mengikuti link yang Anda bagikan, maka Anda akan mendapatkan komisi.

2. Menjadi Youtuber

Youtube merupakan salah satu media sosial di mana kita bisa melihat jutaan video dari seluruh dunia. Saat ini Youtube bukan lagi hanya sebuah platform hiburan untuk melihat konten-konten video. Youtube sudah beralih menjadi lahan bagi orang-orang untuk mengekspresikan kreativitasnya dan bahkan menjadi sebuah platform untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Sudah tau kan apa yang harus dimanfaatkan dari Youtube ini? ya Anda hanya harus membuat sebuah Channel di Youtube kemudian isi dengan video-video kreatif Anda “Ingat Video yang berkualitas adalah hasil karya sendiri bukan Reupload milik orang lain“. Kemudian Anda harus “me-monetize (Pengajuan Pemasangan Iklan)” di channel Anda. Jika beruntung video-video Anda akan mendapatkan banyak penonton, semakin video Anda banyak ditonton semakin banyak rupiah yang mengalir ke dalam channel Anda.

3. Membuat Toko Online

Dari kata Toko dan Online pasti Anda sudah tahu kan maksud dari jenis bisnis ini? Ya Anda bisa membuat sebuah toko yang bisa dipasarkan secara online. Jika toko offline atau konvensional, target pasar atau pembeli hanya pada area yang bisa dijangkau atau dengan kata lain orang-orang terdekat. Lain halnya dengan toko onilne Anda bisa menjangkau target pasar dari manapun, mulai dari jangkauan seluruh wilayah di negeri sendiri sampai bisa menjangkau belahan dunia.

Yang pertama Anda harus mempunyai produk yang akan dijual tentunya, namun jika tidak mempunyai produk Anda bisa melakukan sistem Dropship. Kemudian Anda bisa memanfaatkan teknologi seperti:

  • Membuat sebuah website toko online
  • Memanfaatkan market place seperti Tokopedia, Shopee dan Lazada
  • Membuat toko online di sosial media seperti Facebook dan Instagram

4. Menjadi Blogger

Blog adalah sebuah website berbentuk postingan dalam bentuk teks yang terkadang terdapat tambahan gambar, link dan video yang dibuat oleh satu atau beberapa penulis dengan tujuan tertentu. Jadi, secara sederhana pengertian blog adalah Website yang berisi konten tulisan. Sedangkan Penulis atau pembuat kontennya adalah blogger.

Jadi bagi Anda yang suka menulis, Anda bisa memanfaatkan teknologi sebuah blog yang sudah di monetize tentunya. Cara kerjanya adalah jika konten atau artikel Anda menarik dan banyak yang mengunjungi blog Anda maka secara bersamaan iklan yang tampil pada website anda juga sebanyak jumlah yang mengunjungi blog Anda. Semakin iklan terlihat oleh banyak pengunjung semakin banyak juga penghasilan Anda.

5. Membuka Kursus Online

Keinginan untuk mengembangkan skill atau ilmu pengetahuan menyebabkan beberapa orang tertarik untuk mengikuti kursus informal, mulai dari kursus yang sesuai hobi seperti memasak, menggambar ataupun fotografi sampai dengan kursus bahasa. Jika Anda seseorang yang mempunyai keahlian di bidang tertentu Anda bisa membuat sebuah kelas kursus.

Peluang ini bisa Anda jadikan sebagai ide bisnis digital pilihan Anda, karena ternyata keterbatasan waktu yang mereka miliki terkadang membuat mereka tidak sempat untuk datang langsung ke tempat kursus terlebih pada saat pandemi seperti ini yang menganjurkan setiap orang tidak boleh berkumpul.

Maka dari itu membuka kursus online akan sangat membantu kepada kondisi keuangan Anda. Anda bisa memanfaatkan teknologi seperti aplikasi Zoom dan Google Meet untuk proses pembelajaran. Untuk media promosinya Anda bisa memanfaatkan sosial media seperti membuat iklan di instagram dan masih banyak lagi media sosial yang bisa Anda manfaatkan.

Nah itulah beberapa bisnis digital di era pandemi sekarang ini yang harus Anda manfaatkan. Pilihlah jenis bisnis digital yang sekiranya cocok dengan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *