Bermain Mobile Legend? Kenali Istilah di Mobile Legend Berikut Ini

Game yang sedang populer di Indonesia?, yaa!! Mobile Legend Bang-bang. Game bergenre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) ini diciptakan oleh developer game asal China yaitu Moonton Developer. Game yang mulai mencuri perhatian pada tahun 2016 ini bisa kamu mainkan di perangkat mobile.

Dalam satu kali permainan, terbagi menjadi dua tim yang beranggotakan masing-masing 5 orang dengan durasi satu kali permainan berkisar 10-15 menit, bahkan bisa sampai melebihi 30 menit.

Pernahkah kalian mendengar istilah-istilah di mobile legend yang asing yang kalian tidak ketahui? Jangan khawatir, pada artikel kali ini yiptechid akan membagikan istilah-istilah yang terdapat di game Mobile Legend. Mungkin istilah yang sedang kamu cari ada pada artikel ini.

Istilah di mobile legend

Istilah-istilah dalam game Mobile Legend

1. ADC (Attack Damage Carry)

Yaitu istilah yang di gunakan untuk menggolongkan hero-hero yang memiliki kekuatan serangan sangat tinggi dan mereka sanggup membawa tim (carry) menuju kemenangan. Mereka biasanya butuh farm dan gold untuk membeli gear yang mereka butuhkan.

2. AFK (Away from Keyboard)

Sebenarnya, istilah yang satu ini bukan hanya populer di Mobile Legend saja. Pasalnya, istilah AFK sering kita jumpai di game online manapun baik MOBA, MMORPG, dan game online lain. Pemain yang meninggalkan pertandingan, baik itu sengaja ataupun tidak tetap disebut AFK. Jika beberapa kali afk kamu bisa kena sanksi berupa banned beberapa saat ataupun potongan point.

3. Blind

Status buruk yang menyebabkan semua serangan miss atau gagal mengenai target. Miss terjadi pada serangan ke target tapi animasi serangan tetap berjalan.

4. Build

Maksud dari istilah ini adalah urutan item atau gameplay yang kalian tentukan dari jajaran item yang kamu pilih. Bisa dengan metode burst damage, tank, sustain atau apapun tergantung strategi tim kalian.

5. Buff

Buff merupakan status tambahan yang harus ada pada hero, terlebih dengan hero-hero carry atau yang mampu membawa kemenangan dan perbedaan. Status ini dapat kalian dapatkan dengan membunuh creep jungle.

6. CC (Crowd Control)

Skill yang dapat memberikan status tertentu pada musuh sehingga membatasi gerak mereka. Efek tersebut bisa saja berupa stun, silence, airborne, konck back, pull dan banyak lainnya.

7. CD (Cool Down)

Yaitu waktu tunggu yang dibutuhkan sebuah skill sebelum akhirnya bisa digunakan kembali. Jadi, saat main Mobile Legend, setiap karakter yang Anda gunakan memiliki skill yang unik dan berbeda-beda. Skill ini sangat berguna untuk melawan musuh.

8. Critical

Serangan yang memiliki nilai 200 persen. Status critical bisa kita tingkatkan dengan membeli gear yang memiliki status peningkatan critical. Sementara itu status critical bisa kita kurangi dengan gear yang memiliki critical chance rate reduction.

9. core

Core adalah kata dalam bahasa Inggris, yang artinya inti. Dalam Mobile Legends, istilah “core” mengacu pada hero inti yang memiliki kemampuan yang kuat. Kemampuan ini bisa berupa serangan kuat dan memiliki potensi besar dalam membawa tim untuk menuju kemenangan.

10. DPS (Damage Per Second)

Istilah di Mobile Legend yang ini merupakan kependekan dari damage per second. Damage yang bisa dihasilkan oleh seorang hero di setiap detiknya. Para hero yang memiliki kecepatan serang sangat tinggi disebut juga sebagai DPS.

11. Disable

Kemampuan hero untuk mendisable (membuat lawan tidak dapat melakukan apapun), seperti stun, silent dan lain-lain.

12. Exchange

Proses saling bertukar serangan dengan musuh saat lane maupun saat team fight. Exchange ini bisa jadi baik maupun buruk. Exchange baik terjadi saat musuh menerima damage lebih banyak dan sebaliknya.

13. Early, Mid, dan Late Game

Early sendiri bermulai dari awal hingga menit ketiga, lalu mid dari menit tiga sampai sepuluh. Dalam fase ini metode farming kalian harus optimal dengan membunuh lawan atau mencuri jungle musuh. Sementara, late game merupakan istilah dalam Mobile Legends yang artinya pertandingan lebih dari menit sepuluh sampai selesainya pertandingan.

14. Farming

Dalam dunia game MOBA seperti Mobile Legends, istilah Farming mengacu pada kegiatan untuk mencari emas atau gold. Pencarian gold ini bisa kamu lakukan di jungle atau ketika menculik musuh yang melakukan kesalahan.

15. Feed/Feeder

Feed atau well feed adalah istilah yang biasa kita kenal untuk menggambarkan satu hero yang memperoleh kill paling banyak. Sementara feeder adalah istilah yang biasa kita pakai untuk menggambarkan seorang anggota tim yang mati terus-menerus sehingga memberi gold dan experience yang banyak bagi musuh.

16. Gank

Menyerang musuh yang terisolasi secara sengaja maupun tidak sengaja secara beramai-ramai. Biasanya proses gank berlangsung dengan sangat cepat dan penuh kejutan.

17. GG (Good Game)

Permainan yang bagus, jika mengacu ke seseorang, berarti orang tersebut permainannya bagus. terkadang juga bisa melambangkan sikap sportif. dan GG juga digunakan sebagai penanda permainan sudah berakhir.

Baca juga : Tips Bermain Mobile Legend untuk Pemula

18. Harrass

Menyerang lawan saat melakukan laning hingga akhirnya lawan harus mundur untuk menyembuhkan diri atau bertahan di dekat turret. Proses ini menyebabkan mereka ketinggalan level atau kesulitan dalam mengumpulkan gold.

19. High Ground

High Ground artinya “dataran tinggi”, atau dalam Mobile Legends berarti base kedua tim yang pintunya terjaga oleh turret.

20. Hyper Carry

Strategi dalam mobile legends dengan menjadikan hero core atau carry hanya ada 1 di dalam team yaitu dengan mengambil semua Gold sebanyak mungkin sepanjang permainan agar bisa jadi kuat dengan cepat.

21. KDA (Kill/Death/Assist)

Rasio yang diperpoleh hero ketika membunuh hero musuh, tewas dalam pertempuran, dan sebagai assist dalam war.

22. KS (Kill Steal)

Merupakan kependekan dari kill steal atau mencuri kill dari rekan satu tim, atau lebih sering kita kenal dengan nyampah alias mencuri kill.

23. Mana

Kapasitas magic seorang hero. Mana digunakan juga sebagai satuan yang dibutuhkan untuk mengeluarkan skill. Beberapa hero tidak memiliki mana, sebagai gantinya mereka menggunakan unit lain dengan nama dan fungsi spesifik.

24. Meta

Meta adalah singkatan dari “Most Effective Tactic Available” yang artinya merupakan taktik yang efektif untuk menang dalam game Mobile Legend.

25. Midlanner

Orang yang mengisi permainan jalur tengah. Biasanya sebutan untuk carry, dan didampingi support dan tank secara bersamaan, dan yang carry akan mendapatkan exp dan gold lebih banyak dari yang lainnya.

26. MMR (Match Making Rating)

Rating yang dihitung berdasarkan jumlah permainan yang dimainkan oleh pemain, beserta jumlah kemenangan dan kekalahannya.

27. Noob/Nob

Noob atau nob merupakan sebutan untuk pemain pemula ataupun pemain lama yang skill permainan dibawah rata-rata. Biasanya digunakan untuk mengejek.

28. Nerf

Penurunan kemampuan pada suatu karakter atau hero, karena dianggap over power. Untuk peroleh keseimbangan dalam permainan.

29. Offlaner

Posisi lane yang terletak di atas (top lane). Lane ini cenderung susah untuk dikuasai karena kamu bakal bertemu dengan dua musuh sekaligus. Kamu membutuhkan hero-hero khusus untuk menjaganya.

30. Push

Upaya untuk mendorong satu lane atau lebih, agar bisa menjangkau dan menghancurkan obyektif.

31. Poke (Cicil)

Serang hero lawan sedikit-sedikit tanpa maksud untuk mengejarnya hingga terbunuh. Biasanya untuk menakutin lawan/persulit gerak lawan untuk cari gold.

32. Reaper

Salah satu monster yang ada di hutan. Monster ini akan memberikan gold, experience dan regenerasi mana.

33. Role

Role artinya peranan Hero. Misalnya: support, fighter, marksman, tank, mage, dll.

34. Scaling

Peningkatan relatif pada kekuatan hero saat mereka naik level dan mendapatkan Gear bila dibandingkan hero lainnya.

35. Smurf

Akun kedua/baru yang biasnya Win Rate atau KDA masih bagus.

36. Spell Vamp

Kemampuan unik yang akan mengubah damage yang dihasilkan oleh skill menjadi HP.

37. Spinner

Salah satu monster yang ada di hutan. Monster ini akan memberikan gold, experience dan buff tambahan.

38. Stack

Istilah yang merujuk pada penumpukan efek karena skill tertentu.

39. Tier

Divisi kamu dalam rank. Misalnya Master, Grand Master (GM), Epic, Legend, Mythic, Sampai Mythical Glory. Kurang lebih seperti pangkat.

40. Troll

Arti ngetrol atau troll di mobile legend yaitu melakukan sesuatu yang sengaja untuk memancing emosi atau membuat teman dalam tim merasa kesal. Misalnya menggangu farming, buff, sampai item ngawur.

41. True Damage

Salah satu tipe serangan yang ada di Mobile Legends. True Damage tidak bisa ditahan oleh apapun sehingga angka yang tertera di status akan sama dengan angka yang muncul di dalam game.

42. WR (Winrate)

Presentase rasio kemenangan baik secara keseluruhan atau dalam hero tertentu.

43. Weaken

Mengurangi movement speed/pergerakan hero tertentu sebanyak 70%, physical demage sebanyak 50% selama 3 detik. Cooldown ability ini 60 detik.

Mungkin itu saja istilah di mobile legend, jika ada istilah lain yang belum ada diatas, silakan ajukan di kolom komentar beserta definisinya. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *