Belajar HTML Dasar Part 2 – Jenis jenis Tag HTML

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang belajar dasar HTML. kali ini kita akan membahas jenis jenis tag yang ada di html terutama pada element tag <head>. Sebelum mempelajari jenis jenis tag pada html tidak ada salahnya kita mengenal Element dan atribut terlebih dahulu.

Element adalah isi dari tag yang berada antara tag pembuka dan tag penutup. Termasuk tag itu sendiri dan atribut yang di milikinya (jika ada). Sedangkan atribut adalah informasi tambahan yang di berikan kepada tag. Informasi ini bisa berupa instruksi untuk warna dari text, besar huruf dari text, dll.

Setiap atribut memiliki pasangan nama dan nilai (value) yang di tulis dengan name=”value”. Value di apit tanda kutip, boleh menggunakan tanda kutip satu (‘) atau dua (“).

Belajar HTML Dasar

Contoh: di bawah ini adalah tag paragraf <p> yang di beri atribut color dengan memberikan value red dan atribut font-size dengan memberikan value 50px, serangkaian baris tersebut di sebut element

Langsung saja kita mulai membahas tentang jenis-jenis tag pada html yang penulisannya ada didalam tag <head></head> beserta fungsinya:

Jenis-jenis tag pada html

  1. <meta> : adalah elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang berfungsi sebagai pemberi informasi metadata dari sebuah halaman web. Penulisan tag ini berada diantara tag <head>…</head>. berikut ini adalah beberapa contoh tag <meta>
  • <meta charset=”utf-8″> : memberi instruksi kepada web browser untuk menerjemahkan karakter-karakter di dalam halaman HTML sebagai UTF-8. Walaupun bersifat opsional, hampir setiap halaman HTML5 menggunakan meta tag ini.
  • tag <meta name=”viewport” content=”width=device-width, initial-scale=1.0″> : Meta viewport biasanya di gunakan pada web dengan desain responsive. Secara garis besar, meta tag viewport di tambahkan agar desain responsive dapat tampil sempurna layar berukuran kecil (seperti tablet atau smartphone)
  • <meta name=”description” content=”Blog Seputar Teknologi”> baris tersebut berfungsi untuk memberikan informasi mengenai halaman HTML yang saat ini sedang di tampilkan. Dalam hali ini informasi yang di berikan di website adalah seputar teknologi.
  • tag <meta name=”keywords” content=”teknologi, gadget, computer, dst”> : baris tersebut memiliki arti memberitahu web browser kata kunci dari halaman website yang di buat. Dalam hal ini katakuncinya adalah teknologi, gadget, computer dst.
  1. <title> : Tag ini berfungsi untuk mengapit kalimat yang menjadi judul dari halaman web tersebut, tag ini akan menampilkan judul website yang akan tampil di tab bar atas pada browser
  1. <style> : tag ini berfungsi untuk menyisipkan kode style atau CSS ke dalam sebuah dokumen web (HTML). diletakan antara tag <head>, dan biasanya model penulisan ini disebut dengan internal CSS. Berikut ini adalah hasil styling warna paragraf menjadi biru dengan menggunakan tag <style>
  1. <script> : berfungsi untuk menulis code javascript pada html. Pada dasarnya, anda bebas meletakkan kode program JavaScript pada bagian manapun dalam HTML. Selama berada di dalam tag (atau melalui event handler, walaupun tidak kami sarankan). Tag bisa kita letakan pada awal HTML (di dalam tag <head>), di tengah HTML (di dalam tag <body>), maupun pada akhir HTML (sebelum tag penutup </html>). Posisi peletakan ini akan mempengaruhi bagaimana urutan kode JavaScript di jalankan.
  1. <link> : tag ini menunjukkan sebuah hubungan (link) antara dokumen (HTML) yang bersangkutan dengan sumber file dari luar (eksternal). Contoh di sini adalah menghubungkan file css terpisah kedalam file html agar fungsi dari file eksternal css dapat befungsi di file html tersebut.

Itulah jenis-jenis tag html yang terdapat pada tag <head>, pada artikel selanjutnya kita akan belajar tentang jenis-jenis tag yang ada pada body html / tag <body>…</body> yang kemungkinan lebih banyak dari tag di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *