Apa itu Pinterest? Inilah Sejarah hingga cara Penggunaannya

Pinteres merupakan salah satu platform sosial media yang berfokus pada media gambar dan foto yang saat ini sedang eksis-eksisnya. Walaupun kepopulerannya masih kalah dengan platform media sosial seperti instagram tetapi sosial media yang satu ini patut Anda coba.

Pinterest menawarkan berbagai kelebihan bagi setiap penggunanya salah satunya adalah sebagai sumber inspirasi dan media berbagi. Selain itu juga bagus untuk digunakan sebagai media promosi artikel, blog dan konten lainnya.

Apa itu Pinterest?

Pinterest menjadi salah satu platform sosial media yang sayang Anda lewatkan begitu saja. Platform ini merupakan sejenis virtual pinboard yang sangat memungkinkan penggunanya dalam melakukan unggahan gambar maupun foto tertentu ke dalam berbagai macam kategori tersedia.

Platform sosial media ini berdiri pada tahun 2009 yang mana pendirinya antara lain Ben Silbermann, Paul Sciarra dan Evan Sharp. Hingga saat ini platform ini telah dinikmati oleh begitu banyak pengguna. Fitur-fitur dari platform ini relatif lengkap dan sangat bagus untuk kita jadikan sebagai media berbagi yang seru.

Sejarah Pinterest

Pinterest adalah paltform sosial media yang didirikan oleh tiga sekawan yang bernama Silbermann, Paul Sciarra dan Evan Sharp. Pada tahun 2009 pengembangan platform sosial media ini telah dicetuskan untuk pertama kalinya. Yana mana setahun setelahnya barulah pengembangan itu masuk pada tahap beta tertutup.

Pada tahun 2011 Pinterest mengalami perkembangan yang begitu pesat. Hal tersebut bahkan telah termuat dalam Majalah Time terbitan 10 Agustus 2011 yang mencantumkan Pinterest sebagai satu dari 50 situs web paling baik pada tahun tersebut.

Pada tahun yang sama untuk pertama kalinya platform ini masuk dalam jajaran 10 layanan sosial media terbesar dunia versi Hitwise. Tidak main-main bagi pinterest yang notabede pendatang baru itu berhasil meraih 11 juta kunjungan pengguna per minggunya.

Baca juga : Inilah Cara Mudah Menambah Followers di Instagram

Tidak heran jika platform ini berhasil memperoleh penghargaan sebagai Startup baru terbaik di tahun 2011. Kemudian setahun setelahnya atau tepatnya pada tahun 2012, comScore berhasil memberikan data bahwa situs ini mampu menembus kunjungan pengguna mencapai 10 juta.

Pada tahun 2019 Pinteres secara mengejutkan mengajukan IPO saham, yang mana nilai totalnya mencapai 12 miliar USSD. Saham tersebut kemudian mereka sebarluaskan ke masyarakat pada tanggal 18 April 2019 dengan harga mulai dari 19 USSD per satuannya hingga yang tertinggi sebesar 24,40 USSD.

Aplikasi yang bermarkas besar di San Fransisco, California, Amerika Serikat ini terus melakukan pengembangan produknya hingga saat ini. Hal tersebut yang berhasil membuat platform ini menyandang gelar sebagai platform visual terbaik sekarang.

Fitur-Fitur yang Terdapat Pada Pinterest

Pinterest sekarang ini sudah semakin terkenal dan banyak penggunanya, karena Pinteres memiliki sejumlah fitur mutakhir yang banyak orang suka. Beberapa fitur dari platform ini yang bisa Anda andalkan di antaranya adalah sebagai berikut.

Lens

Fitur visual search Pinterest ini memungkinkan Anda untuk menemukan produk maupun gambar tertentu berdasarkan hasil foto kamera. Fitur ini sangat membantu pengguna khususnya yang ingin melakukan pembelian suatu produk hanya dengan bermodalkan visual saja. Menarik sekali, bukan?

Pinterest Browser Button

Browser extensions ini bisa dengan mudahnya dimanfaatkan guna melakukan penyimpanan pins yang disukai. Bagusnya lagi, fitur ini juga sangat mendukung penggunaan visual search dalam mempermudah penemuan konten terkait di platform ini.

Group Boards

Jika Anda tengah mengerjakan suatu proyek tertentu bersama rekan dan keluarga, maka cobalah manfaatkan fitur ini. Group boards memudahkan Anda bersama tim dalam berinteraksi demi kelancaran proyek tersebut.

Kemudahan Organisasi serta Pengaturan Ulang Board

Platform sosial media mutakhir ini juga sangat memberikan kebebasan pada penggunanya dalam melakukan pengaturan board sesuka hati. Bahkan setidaknya terdapat tiga macam boards yang bisa Anda pilih sendiri yaitu A to Z, last saved to serta drag and drop.

Fitur Search serta Filter Mumpuni

Fitur search dan filter yang dimiliki senantiasa memudahkan pengguna dalam rangka menemukan konten yang dimau. Pengguna juga bisa langsung melakukan penyortiran terhadap hasil pencarian berdasarkan pin, bord dan nama pengguna sekalipun.

Cara menggunakan Pinterest

Setelah mengetahui fitur-fitur yang dimiliki Pinterest untuk memanjakan para penggunanya, selanjutnya Anda harus mencoba platform ini. Jangan sia-siakan bakat fotografi Anda begitu saja. Salurkan hobi tersebut melalui platform ini agar semakin eksis dan dikenal banyak orang. Mulailah dengan mendaftarkan diri ke platform ini untuk bisa memahami bagaimana cara menggunakan Pinterest dengan baik.

Cara Mendaftar Pinterest

  • Kunjungi situs Pinterest terlebih dahulu melakui alamat pinterest.com.
  • Langsung klik opsi Daftar dan nantinya Anda akan disuguhkan oleh tampilan pendaftaran akun Pinterest.
  • Anda bisa mendaftar menggunakan tiga macam pilihan seperti Facebook, Google atau E-Mail lainnya. Sebaiknya, Anda mendaftar Pinterest dengan akun Google agar lebih gampang.
  • Kemudian Anda harus mengisi umur saat ini pada kolom umur. Nantinya umur akan sangat mempengaruhi indeks platform ini. Jika sudah, jangan lupa klik Lanjutkan.
  • Nantinya Anda akan disuguhkan oleh tampilan lanjutkan dan langsung saja klik Berikutnya.
  • Selanjutnya akan muncul pemberitahuan berupa pertanyaan yang harus diisi.
  • Lanjutkan dengan memilih lima jenis kategori yang diminati. Jika sudah, maka klik tombol Selesai.
  • Dan selamat Akun Pinterest Anda sudah jadi.

Cara Membuat Papan Pinterest

Setelah berhasil membuat akun Pinterest, sebaiknya Anda bisa lanjut membuat papan. Guna menambahkan papan, maka sebaiknya Anda masuk ke bagian profil dengan cara mengetuk foto profil maupun nama akun.

  • Kemudian klik saja ikon + dan lanjutkan dengan memilih opsi Buat Papan.
  • Selanjutnya beri nama, deskripsi, dan kategori. Lalu klik Create.

Cara Menyimpan Pin ke Papan

Pinterest memungkinkan Anda untuk menyimpan pin ke papan. Anda hanya perlu memanfaatkan kolom pencarian yang tersedia.

  • Kemudian isi dengan nama tempat, orang, film maupun merk tertentu. Isi papan tersebut juga dengan gambar yang relevan.

Cara Memperbanyak Followers Pinterest

Sama halnya denga Instagram, menambahkan followers di Pinterest juga tidaklah sulit. Yang perlu Anda lakukan yaitu konsisten mengoleksi pin serta membuat papan yang bervariasi. Hal ini nantinya yang akan menarik pengunjung dan secara otomatis meningkatkan jumlah followers Anda.

Pada platform Pinterest ini followers terbagi menjadi dua jenis yaitu followers profil dan papan. Yang mana Followers profil merupakan followers mutlak yang mengikuti seluruh papan buatan Anda tanpa pengecualian. Sementara itu, followers papan hanya akan mengikuti satu papan tertentu saja.

Cara menggunakan platform ini memang sangatlah mudah. Pinterest terbukti mempunyai UI/UX yang sangat ramah terutama pada pengguna baru. Hal ini yang menjadikanbanyak penggunan baru yang berdatangan untuk sekedar membagikan momen visual atau kreatifitas mereka secara visual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *